Dampak Battery Health iPhone di Bawah 80%

Battery Health atau Kesehatan Baterai adalah menu pada iPhone yang digunakan untuk memantau kesehatan baterai, khususnya kapasitas maksimum yang masih dapat ditampung oleh baterai.


Seperti yang diketahui bahwa baterai litium-ion yang digunakan pada banyak smartphone saat ini, termasuk iPhone, seiring waktu dan penggunaan dapat kehilangan daya tampung aslinya. Semakin rendah daya tampungnya semakin cepat juga baterai iPhone habis, sehingga mengakibatkan pengguna harus sering-sering mengisi daya iPhone.

Battery Health iPhone di Bawah 80%

Menurut Apple baterai normal pada iPhone didesain untuk menyimpan hingga 80% dari kapasitas aslinya pada siklus 500 kali pengisian daya penuh.

Sikus pengisian daya penuh dalam arti 100% yang dapat dibagi dalam beberapa kali pengisian daya (tidak harus dari 0 hingga 100), misalnya pagi diisi hingga 75% dan sore diisi lagi hingga 25% hingga totalnya 100% yang berarti dihitung 1 siklus pengisian daya.

Ketika Battery Health iPhone telah menyentuh angka 80% hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa baterai kurang lebih telah melewati 500 siklus pengisian daya penuh. Hal ini umumnya dapat dicapai dalam kurun waktu 2 hingga 3 tahun penggunaan iPhone.

Dampak Battery Health di Bawah 80%

80% merupakan titik dimana baterai telah kehilangan sekitar 20% daya tampung aslinya, hal ini menyebabkan waktu penggunaan yang menjadi lebih singkat akan semakin terasa.

Membiarkan kesehatan baterai terus menurun di bawah 80% akan semakin berdampak pada waktu penggunaan yang semakin singkat dan tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan masalah lainnya, salah satunya yakni iPhone akan menerapkan manajemen kinerja pada baterai untuk mencegah iPhone agar tidak mati tiba-tiba karena baterai yang sudah tidak dapat menghantarkan daya secara maksimal.

Apabila kesehatan baterai telah menyentuh angka yang ekstrem (sekitar 60%), dampak yang ekstrem juga akan muncul, seperti iPhone menjadi lebih lambat, animasi menjadi nge-lag, aplikasi di latar belakang perlu dimuat ulang, kecerahan layar berkurang, volume speaker berkurang, hingga yang paling ekstrem dapat menyebabkan lampu flash iPhone tidak dapat diaktifkan dan iPhone yang mati tiba-tiba sudah tidak dapat lagi dicegah.


Tips Menjaga Battery Health agar Tidak Cepat Menurun

Dalam penggunaan normal secara umum baterai iPhone dapat bertahan hingga 2 sampai 3 tahun sebelum disarankan untuk mengganti baterai ke yang baru. Sedangkan untuk generasi iPhone yang lebih baru dan canggih mungkin dapat bertahan sedikit lebih lama.

Disisi lain pengguna juga dapat menerapkan beberapa tips berikut untuk memperlambat penurunan kesehatan baterai iPhone, diantaranya:

  • Hindari menggunakan iPhone secara berlebihan ketika sedang diisi daya
  • Hindari juga sembarangan sumber untuk mengisi daya iPhone
  • Gunakan charger yang asli dan berkualitas
  • Segera cas iPhone ketika baterai telah menunjukkan angka 20%
  • Hindari menggunakan iPhone hingga baterainya benar-benar kosong
  • Jika memungkinkan sesekali cas baterai iPhone hingga sekitar 80% saja
  • Kurangi kecerahan layar untuk menghemat baterai dan menghindari panas berlebih
  • Rutin update ke iOS versi terbaru untuk mengoptimalkan sistem

Namun apabila kesehatan baterai telah menurun drastis dan iPhone sudah mengalami banyak kendala yang berhubungan dengan baterai, mengganti komponen baterai iPhone ke yang baru, asli, dan resmi dari Apple, adalah solusi yang paling tepat.

Pengisian Daya Optimal untuk Jaga Battery Health iPhone

Sebagai informasi tambahan, iPhone sendiri memiliki fitur yang digunakan untuk menjaga kesehatan baterai, yakni fitur Pengisian Daya Optimal yang secara bawaan sudah aktif.


Fitur ini bekerja dengan cara mempelajari waktu pengisian daya yang seringkali dibiarkan berlarut-larut oleh penggunanya, seperti contoh malam hingga pagi hari. Di waktu tersebut (saat dicas pada malam hari) iPhone sebenarnya tidak langsung mengisi daya iPhone ke 100% melainkan membatasinya hingga 80% saja, kemudian akan melanjutkan kembali pengisian hingga 100% secara bertahap sesaat sebelum pengguna terdeteksi akan kembali menggunakan iPhone tersebut di pagi hari.

Bagaimana menurut kalian?

Oke, itu saja informasi dampak Battery Health atau Kesehatan Baterai iPhone yang sudah menyentuh angka di bawah 80%. Apabila ada informasi yang ingin disampaikan atau tanyakan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih :)