Apa Arti dan Maksud dari iPhone Replacement Unit?

Pernahkah kalian menemukan istilah iPhone Replacement Unit dari seseorang atau ketika sedang mencari-cari iPhone yang dijual di toko Online?

Apa sih arti dan maksud dari iPhone Replacement Unit tersebut dan apa yang membedakan iPhone tersebut dengan iPhone lain pada umumnya?


Arti dan Maksud dari iPhone Replacement Unit

iPhone Replacement Unit merupakan iPhone pengganti yang diberikan oleh Apple khusus untuk menggantikan iPhone pengguna yang digaransikan karena mengalami kerusakan. Istilah "Replacement Unit" ini tidak hanya digunakan untuk iPhone saja melainkan juga untuk produk Apple lainnya seperti iPad.

Umumnya iPhone Replacement Unit yang digunakan sebagai pengganti dari Apple bukanlah produk yang masih benar-benar baru, melainkan iPhone dari pengguna lainnya yang juga mengalami kerusakan kemudian diperbaiki oleh Apple dan jika sudah selesai akan diberikan ke pengguna lainnya sebagai unit pengganti kerusakan.

Singkatnya Apple biasanya tidak langsung memperbaiki iPhone yang kalian digaransikan tersebut, melainkan menggantinya dengan iPhone lain yang mengalami kerusakan namun sudah selesai diperbaiki.

Perbedaan dan Ciri-Ciri Khusus iPhone Replacement Unit

iPhone Replacement Unit tidak memiliki perbedaan tampilan ataupun spesifikasi dari iPhone pada umumnya atau bisa dibilang sama saja. Satu hal yang membedakan hanyalah Nomor Model yang digunakan untuk mengidentifikasi bahwa iPhone tersebut merupakan iPhone Replacement Unit.

Nomor Model yang dimiliki oleh iPhone Replacement Unit diawali dengan huruf "N", sedangkan iPhone lainnya seperti iPhone baru memiliki awalan Nomor Model dengan huruf "M", iPhone Refurbished dari Apple (iPhone CPO) diawali dengan huruf "F", dan yang terakhir awalan huruf "P" untuk iPhone yang dibeli secara khusus (dipersonalisasi).

Untuk memeriksa Nomor Model iPhone bisa dilakukan melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Mengenai.

Selain itu apabila kalian menggunakan aplikasi 3uTools untuk mendeteksi dan mengidentifikasi iPhone Replacement Unit, maka 3uTools akan menampilkan pesan Apple Replaced Device atau Perangkat Pengganti dari Apple.

Kualitas iPhone Replacement Unit

Meskipun kemungkinan besar iPhone Replacement Unit sudah bekas diperbaiki, namun karena perbaikan dilakukan oleh Apple sendiri maka kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi, hampir seperti iPhone baru atau bahkan lebih baik karena sudah diuji secara ketat sebelumnya.

Selain itu Apple juga biasanya masih akan memberikan garansi pada iPhone Replacement Unit sesuai dengan durasi sisa garansi pada iPhone yang sebelumnya digaransikan, jadi tidak perlu khawatir.

Baik, itu saja informasi seputar iPhone Replacement Unit yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.