Apakah Boleh Jika iPhone Dicas Semalaman? Akibatnya?

Ngecas iPhone semalaman umum dilakukan oleh banyak pengguna agar keesokan paginya iPhone memiliki daya baterai yang penuh dan dapat digunakan untuk waktu yang lama sampai perlu dicharge lagi.

Namun, kabar buruk yang beredar bahwa ngecas iPhone semalaman (dari malam sampai pagi) dapat merusak atau mempercepat penurunan kesehatan baterai, apakah hal tersebut benar?

Benar! namun untuk jangka panjang saja, berikut ulasan selengkapnya.

Ngecas iPhone Semalaman Apakah Membuat Baterai iPhone Mudah Rusak?


Alasan sebenarnya mengapa ngecas iPhone semalaman dapat membuat baterai cepat rusak atau kesehatannya menurun adalah karena baterai akan bertahan di angka 100% dalam waktu yang lama.

Ketika dalam kondisi terisi penuh baterai sebenarnya akan cukup terbebani atau masuk dalam fase "Stress", yang mana jika dibiarkan terus-menerus maka secara perlahan akan mempengaruhi kesehatan baterai itu sendiri.

90% hingga 100% adalah angka di mana baterai iPhone cukup terbebani. Sedangkan 80% adalah batas maksimal baterai dapat menampung daya tanpa banyak terbebani.

Fitur Pengisian Daya Optimal


Hal ini dapat dibuktikan melalui fitur Pengisian Daya Optimal pada menu Kesehatan Baterai iPhone yang digunakan oleh Apple untuk menjaga kesehatan baterai agar tidak cepat menurun.

Fitur ini akan mempelajari bagaimana dan kapan kalian secara rutin mengisi daya iPhone tersebut.

Apabila sudah terdeteksi atau dipelajari maka iPhone akan secara cerdas membatasi pengisian daya hingga ke angka 80% saja, kemudian akan melanjutkannya hingga penuh mendekati waktu dimana iPhone mempelajari bahwa kalian akan segera menggunakannya.

Hal ini dilakukan untuk menghindari baterai berada di angka 100% dalam waktu yang lama.

Fitur ini secara bawaan sudah dalam kondisi aktif dan dapat kalian cek melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.


Harus kah Saya Khawatir?


Singkat saja yakni tidak perlu terlalu khawatir sebab dampak kerusakan atau penurunan kesehatan baterai tidak akan terjadi secara signifikan dalam jangka pendek, efeknya mungkin baru akan terasa untuk 1 sampai 2 tahun penggunaan alias dalam jangka panjang.

Namun kembali lagi bagi yang ingin agar baterai iPhone-nya tetap awet untuk penggunaan jangka panjang, sebaiknya hindari mengisi daya saat malam hari dan isi daya hingga sekitar 80% saja (maksimal 90%) apabila sedang benar-benar tidak diperlukan.

Apabila iPhone akan digunakan saat bepergian dan jauh dari sumber pengisian daya, mengisi daya iPhone hingga benar-benar 100% bukanlah masalah serius yang harus dihindari.

Hal Penting yang Perlu Diketahui Juga!

Ingat hal di atas tidak jauh berbeda dengan dampak sering membiarkan daya baterai hingga benar-benar sekarat (tepatnya di bawah 20%), selalu pastikan untuk segera mengisi baterai iPhone ketika sudah menyentuh angka 20%.

Membiarkan baterai hingga benar-benar kritis apalagi hingga benar-benar habis (kosong) dapat secara signifikan mengurangi kemampuan baterai dalam mengisi daya sesuai spesifikasinya, alias kesehatan baterainya akan cepat menurun.

Meskipun begitu perlu diketahui juga bahwa Kesehatan Baterai iPhone sendiri akan tetap menurun seiring dengan waktu tidak peduli metode apapun yang kalian gunakan untuk merawat baterai tersebut.

Metode perawatan hanya untuk menekan agar Kesehatan Baterai tidak cepat menurun bukan mencegahnya menurun.

Jadi apabila Kesehatan Baterai iPhone didapati menurun jangan langsung menyalahkan kebiasaan ngecas ya, karena hal tersebut wajar terjadi.