Apakah iPhone 11, 11 Pro, 11 Pro Max Sudah Support 5G?

Sudah banyak smartphone yang kini telah dibekali dengan kemampuan untuk menjalankan jaringan 5G termasuk juga di beberapa model iPhone terbaru.

Lalu bagaimana untuk iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max sendiri? apakah sudah support/mendukung jaringan 5G juga?

Apakah iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max Sudah 5G?


Sangat disayangkan meskipun dilengkapi kemampuan serta performa yang sangat mumpuni, iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max tidak mendukung jaringan 5G.

Di iPhone teknologi jaringan 5G hanya bisa ditemukan melalui jajaran iPhone 12 atau lebih baru lainnya.

Jajaran iPhone 11 termasuk iPhone SE Gen 2, iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone X, iPhone 8 Plus, dan lebih lama lainnya, tidak mendukung jaringan 5G.

4G vs 5G

Meski begitu pengguna iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max tidak perlu berkecil hati, sebab teknologi jaringan 4G/LTE masih tergolong sangat cepat untuk beragam keperluan sehari-hari saat ini, mulai dari streaming video berkualitas tinggi hingga bermain game online dengan lancar.

Lagipula jaringan 5G sendiri sepertinya akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat diterapkan secara merata di Indonesia. Jadi, untuk beberapa tahun ke depan apabila benar-benar dibutuhkan, kalian bisa mempertimbangkan untuk upgrade ke iPhone yang sudah mendukung jaringan 5G.

Kelebihan dan Kekurangan 5G


Kelebihan jaringan 5G sendiri tentu berada di kecepatannya yang sangat tinggi serta latensi atau waktu respon yang sangat rendah.

Dengan menggunakan jaringan 5G, iPhone dapat streaming video kualitas tinggi, mengupdate iOS, hingga backup data tanpa bantuan dari WiFi lagi.

Namun, saat ini terdapat kekurangan dari jaringan 5G yang perlu diketahui, yakni penggunaan data (kuota) yang menjadi lebih boros serta meningkatnya penggunaan daya baterai.

Penutup...

Pada intinya iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max tidak mendukung jaringan 5G. Penyebabnya bukan karena harus update iOS dulu ya, melainkan kemampuan perangkat keras dari jajaran iPhone 11 itu sendiri yang tidak mendukungnya.

Jadi, bagi yang ingin mendapatkan iPhone dengan kemampuan jaringan 5G, setidaknya pertimbangkan jajaran iPhone 12, jajaran iPhone 13, atau yang lebih baru lainnya yang sudah support 5G.