iPhone yang Kamera-nya Tidak Bisa Di-Silent

iPhone Silent Camera adalah istilah yang merujuk pada iPhone yang suara kamera-nya saat mengambil foto atau video bisa dimatikan agar tidak berbunyi.

Istilah ini muncul karena di luar sana ada iPhone yang sudah dirancang agar saat mengambil foto akan selalu terdengar suara jepretan yang cukup keras dan tidak bisa dimatikan.


Nah, iPhone apa sajakah yang suara kameranya tidak bisa di-silent tersebut? dan mengapa?

iPhone yang Kamera-nya Tidak Bisa Di-Silent

iPhone yang kamera-nya tidak bisa di-silent adalah iPhone yang berasal atau ditujukan untuk negara Jepang dan Korea.

Mengapa? sebab di kedua negara tersebut terdapat peraturan privasi yang mengharuskan suara kamera ponsel seperti iPhone harus tetap aktif.

Salah satu tujuannya mungkin agar orang lain dapat mengetahui apabila dirinya sedang difoto atau direkam, sebab mengambil foto orang lain tanpa izin akan membuat orang lain tersebut risih, bukan?

Ciri-Ciri iPhone dari Jepang dan Korea

Selain mudah diketahui dari suara kamera yang tidak bisa dimatikan, nomor model iPhone dapat menjadi sumber untuk mengetahui di mana iPhone tersebut ditujukan.

Caranya pada iPhone silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Mengenai lalu perhatikan menu Nomor Model.

Silakan cocokan satu atau dua huruf sebelum tanda "/" (slash) pada Nomor Model dengan data yang ada pada gambar di bawah berikut:


Sebagai contoh, apabila Nomor Model "NZQ72ZA/A" maka iPhone tersebut berasal dari Singapura karena kode ZA sebelum tanda "/".

Sedangkan apabila Nomor Modelnya "NZQ72J/A" berarti iPhone tersebut berasal dari Jepang karena kode J sebelum tanda "/".

Penutup...

Ingat, saat ini iPhone yang suara kameranya tidak bisa di-silent hanya iPhone yang berasal atau ditujukan untuk negara Jepang dan Korea. Jadi, tidak spesifik untuk model iPhone tertentu ya.

Meskipun suara kameranya tidak bisa di-silent namun untuk kualitas kamera serta komponen-komponen lainnya tidak berbeda alias sama seperti iPhone pada umumnya.