True Tone Tanda Layar iPhone masih Asli/Ori? Belum Tentu!

Saat ini cukup banyak yang mengaitkan fitur True Tone sebagai indikasi bahwa layar iPhone masih asli/original bawannya, apabila fitur True Tone aktif/tersedia maka layar asli, apabila tidak maka layar sudah pernah diganti.


Sayangnya untuk saat ini hal tersebut sudah tidak berlaku lagi, mengapa? 

True Tone Tidak Lagi Akurat Menjadi Tanda Layar Asli/Ori

Sebelum membahas lebih lanjut perlu diketahui bahwa setiap komponen layar iPhone memiliki data atau nomor seri yang berbeda-beda. Nah, dari data atau nomor seri inilah iPhone dapat mengenali apakah layar tersebut asli bawaan miliknya atau bukan.

Apabila nomor seri dikenali oleh iPhone maka komponen layar tersebut dianggap asli bawaannya. Namun, jika tidak atau nomor serinya berbeda, maka komponen layar dianggap tidak asli oleh iPhone dan fitur True Tone akan dinonaktifkan.

Sayangnya saat ini sudah terdapat alat yang dapat digunakan untuk memanipulasi seolah-olah bahwa layar tersebut bawaan iPhone, caranya yakni dengan memindahkan atau menyalin data serta nomor seri pada layar asli bawaan iPhone ke layar pengganti yang baru. Tujuannya tentu saja agar iPhone menganggap bahwa layar tersebut asli bawaannya, dan fitur True Tone? tentu saja akan aktif.

Alat Mengubah, Menyalin, dan Memindahkan Data Komponen iPhone

Salah satu contoh dari alat tersebut adalah JC V1S Programmer. Berikut adalah contoh gambar alatnya:


Mau tau cara kerjanya? tonton video-video di bawah berikut ini:



Bukan hanya layar saja melainkan komponen lainnya seperti baterai atau kamera datanya juga bisa diubah agar terdeteksi asli oleh iPhone, bahkan angka Battery Health iPhone bisa diedit/ubah sesuka hati lho..


Penutup...

Jadi, bagaimana, apakah masih percaya 100% kalau fitur True Tone merupakan pertanda layar iPhone asli bawaannya?

Setidaknya hal ini harus diperhatikan bagi pengguna yang ingin membeli atau sudah mendapatkan iPhone dalam kondisi Second, sebab seperti yang umum ditemukan bahwa iPhone Second cukup identik dengan barang rekondisi alias bekas servisan.