Download: Apple Rilis iOS 15.3 dan iPadOS 15.3 - Apa yang Baru?

Hari ini Apple kembali merilis update iOS 15.3 dan iPadOS 15.3 bagi pengguna iPhone, iPad, dan iPod touch. Meskipun tergolong update besar, namun iOS/iPadOS 15.3 tidak membawa banyak fitur baru, melainkan perbaikan bug dan keamanan khususnya untuk aplikasi Safari.

iOS/iPadOS 15.3 - Apa yang Baru?


iOS dan iPadOS 15.3 hadir dengan perbaikan bug serta pembaruan kemananan khususnya untuk aplikasi browser Safari bawaan iPhone.

Seperti yang diketahui bahwa sebelumnya telah ditemukan bug pada aplikasi Safari di iOS, iPadOS, maupun macOS yang dapat membocorkan data pengguna serta mengizinkan website untuk melacak history/riwayat kunjungan pengguna.

Di iOS dan iPadOS 15.3 masalah bug tersebut sudah diperbaiki oleh Apple. Jadi, direkomendasikan untuk alasan keamanan agar kalian segera download dan install update iOS/iPadOS 15.3 melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Status Jailbreak iOS/iPadOS 15.3

Masih sama sejak iOS 15 dirilis, saat ini belum ada satupun aplikasi jailbreak yang tersedia untuk jailbreak iOS iOS 15.0 hingga 15.3 yang dirilis secara resmi ke publik.

Setidaknya ada harapan jailbreak dari aplikasi "Checkra1n" (Semi-Tethered) yang kabarnya akan segera di-update mendukung iOS 15 di awal-awal tahun 2022 ini.

Namun, lagi-lagi, di iOS 15 aplikasi Checkra1n hanya mendukung jailbreak khusus untuk iPhone 6S hingga iPhone X saja.

Bagi yang ingin jailbreak ke depannya direkomendasikan untuk menghindari update ke iOS 15.3 sebab banyak bug keamanan yang ditambal oleh Apple.

Di sisi lain pertimbangkan juga faktor keamanan, sebab kembali lagi, jailbreak tidak disarankan untuk iPhone yang digunakan sebagai HP utama.