Apakah iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max Masih Layak?

Kelayakan iPhone dapat dengan mudah diketahui dari usianya yang secara otomatis juga akan mempengaruhi kemampuannya.

Contohnya seperti kecepatan/performa, daya tahan baterai, fast/wireless charging, jaringan 4G/5G, dukungan iOS terbaru, hingga fitur serta kualitas pada komponen lainnya seperti kamera, speaker, layar, dan mikrofon.

Hal-hal di atas adalah faktor yang sangat penting untuk menyatakan kelayakan iPhone tersebut.

iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max Apakah Masih Layak?


Dirilis pada Tahun 2019 yang lalu jajaran iPhone 11 membawa peningkatan yang cukup signfikan dari segi kamera, performa, dan daya tahan baterai dibandingkan generasi sebelumnya.

Untuk kelayakannya sendiri di Tahun 2022 dan Tahun 2023, iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max masih sangat layak untuk digunakan sebagai HP utama atau dalam jangka panjang.

Namun, terdapat juga alasan mengapa ketiga model iPhone di atas sudah patut dipertimbangkan lagi.

Apa sajakah itu?

1. Desain

iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max menggunakan desain layar penuh dengan kerangka yang kokoh serta elegan.

Desain kamera bulat besar dengan tonjolan kotak di bagian belakang menambah kesan desain yang modern dari jajaran iPhone 11.

Meski begitu kehadiran iPhone 12 dan iPhone 13 dengan kerangka sisi samping yang lebih datar, mengubah kesan sebagian pengguna mengani tampilan jajaran iPhone 11 yang mulai terlihat jadul.

2. Performa

Dilengkapi Chipset Apple A13 Bionic performa jajaran iPhone 11 sudah tidak diragukan lagi masih yang tercepat di Tahun 2022.

Untuk ke depannya diprediksi performa dari Chipset Apple A13 Bionic akan tetap terasa kencang sampai tahun 2025.

3. Kamera

Seluruh jajaran iPhone 11 adalah yang pertama mengusung fitur Night Mode dan Ultra Wide Angle.

Kualitas kameranya masih bisa bersaing dengan sangat ketat dengan iPhone terbaru lainnya. Bahkan jika dibandingkan secara singkat, agak sulit untuk membedakan kualitas foto dari jajaran iPhone 11, iPhone 12, dan iPhone 13.

4. Baterai

Daya tahan baterai dari seluruh jajaran iPhone 11 masih salah satu yang paling awet dan terbaik saat ini. Untuk penggunaan normal sehari-hari mungkin kalian hanya memerlukan satu kali pengisian daya saja.

Namun ingat, faktor kesehatan baterai ditambah semakin beratnya kebutuhan performa aplikasi atau iOS versi terbaru, akan cukup mempengaruhi daya tahan baterai iPhone ke depannya.

5. Fitur-Fitur Tambahan

Banyak fitur yang dirilis oleh Apple melalui iOS versi terbaru yang hingga kini masih didapatkan oleh seluruh jajaran iPhone 11. Sebut saja fitur Live Text yang dirilis melalui iOS 15 atau fitur Back Tap di iOS 14.

Selain itu jajaran iPhone 11 juga sudah mendukung fitur-fitur seperti fast dan wireless charging, rating tahan terhadap air dan debu, dual sim, pemutaran audio spasial dan dolby atmos, serta NFC.

Sayangnya, salah satu kekurangan utama dari jajaran iPhone 11 adalah belum mendukung jaringan 5G.

iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max Masih Layak Sampai Kapan?


Umumnya 3 Tahun adalah batas maksimal umur iPhone tersebut bagi yang ingin menggunakannya sebagai HP utama atau penggunaan jangka panjang.

Menurut pendapat Admin di Tahun 2022 dan 2023, iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max masih sangat layak digunakan sebagai HP utama atau untuk penggunaan jangka panjang selagi kondisinya masih normal. Hal ini mencakup seluruh fungsi dan kesehatan baterai yang masih tinggi.

Sedangkan di Tahun 2024 hingga 2025 atau lebih lama lagi, pertimbangkan iPhone dengan model yang lebih baru lainnya. Mengingat usia iPhone yang sudah terlalu tua akan sangat berpengaruh ke performa dan daya tahan baterainya. Selain itu ketiga model iPhone di atas juga belum mendukung jaringan 5G.

Penutup...

Jika ada dana lebih, pertimbangkan iPhone 12 atau iPhone 13 yang merupakan pilihan terbaik untuk penggunaan jangka yang lebih panjang lagi karena sudah mendukung jaringan 5G.

Semakin baru generasi iPhone tentu saja kemampuan serta usia pemakaiannya akan semakin lama.