Baterai iPhone XR, XS, dan XS Max Tahan Berapa Jam?

Jika diurutkan dari kapasitas baterai terbesar maka iPhone XS Max menempati posisi pertama dengan ukuran 3.174 mAh, disusul iPhone XR dengan ukuran 2.942 mAh, dan yang terakhir iPhone XS dengan ukuran 2.658 mAh.


Meski begitu untuk daya tahan baterainya sendiri iPhone XR di banyak hal masih lebih unggul dibandingkan iPhone XS Max serta iPhone XS.

Lalu seberapa lama kah baterai iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max dapat bertahan? berikut adalah hasil pengujian yang dilakukan oleh Apple.

Ketahanan Baterai iPhone XS Max
  • Pemutaran video: 15 jam
  • Pemutaran Audio: 65 jam

Ketahanan Baterai iPhone XS
  • Pemutaran Video: 14 jam
  • Pemutaran Audio: 60 jam

Ketahanan Baterai iPhone XR
  • Pemutaran Video: 16 jam
  • Pemutaran Audio: 65 jam


Perlu diketahui bahwa hasil pengujian di atas sangat mungkin berbeda dengan iPhone yang kalian gunakan. Terdapat cukup banyak faktor yang mempengaruhinya, sebagai contoh versi iOS, kecerahan layar, tingkat volume, suhu iPhone, dan proses latar belakang yang sedang berjalan.

Setidaknya data-data di atas sudah cukup memberi gambaran ketahanan baterai dari iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max dalam penggunaan sehari-hari.

Lalu bagaimana saat bermain game? tergantung game apa yang dimainkan, namun semakin tinggi kualitas grafik, maka iPhone akan semakin keras bekerja sehingga menguras lebih banyak baterai dalam waktu yang sangat singkat.

Game sendiri dapat menguras daya baterai iPhone hingga 4x sampai 5x lipat lebih cepat dibandingkan penggunaan normal lainnya seperti menyaksikan video atau menjalankan aplikasi sosial media.

Penurunan Kesehatan Baterai


Perlu diketahui bahwa seiring dengan waktu dan penggunaan baterai akan kehilangan kemampuannya untuk mengisi daya hingga penuh sesuai dengan spesifikasinya sehingga menyebabkan baterai terasa lebih boros.

Hal ini ditandai dengan penurunan Kesehatan Baterai yang bisa dicek melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

Selain itu, kebutuhan kinerja aplikasi atau iOS versi terbaru yang semakin berat juga sangat mempengaruhi daya tahan baterai iPhone yang menjadi semakin boros.