Apa Aman iPhone Pakai Adaptor Charger 18W, 20W, 29W, 30W, 61W, 87W, dan 96W?

Tidak sedikit pengguna yang bertanya seputar apakah penggunaan adaptor charger berdaya 18 watt, 20 watt, 29 watt, 30 watt, 61 watt, 87 watt, dan 96 watt aman untuk iPhone?

Sebab sepertinya semakin besar daya semakin tinggi juga arus yang teralirkan ke iPhone sehingga menimbulkan kekhawatirannya tersendiri.

Nah, supaya tidak khawatir lagi langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Adaptor Charger 18W, 20W, 29W, 30W, 61W, 87W, dan 96W Aman untuk iPhone?


Adaptor berdaya besar khususnya untuk adaptor yang berasal dari Apple dengan rating daya mulai dari 18W, 20W, 29W, 30W, 61W, 87W, dan 96W, pada dasarnya sangat aman digunakan untuk iPhone.

Melalui halaman website bantuannya, Apple sendiri menjelaskan bahwa pengguna dapat menggunakan adaptor Apple (USB-C) dengan daya 18W hingga 96W untuk mengisi daya iPhone dengan cepat. Sepertinya hal yang sama berlaku juga untuk adaptor dari vendor lainnya dengan rentang daya yang juga sama.

Ya, penggunaan adaptor dengan daya 18W atau 20W (khusus iPhone 12 dan lebih baru) dan lebih tinggi, tergolong sebagai Fast Charging atau pengisian daya cepat.

Apple mengklaim bahwa iPhone dapat mengisi daya dari 0 hingga 50% kapasitas baterai dalam waktu sekitar 30 menit saja. Namun, untuk melindungi komponen baterai dari kerusakan hal ini umumnya terjadi saat daya masih berada di bawah 50%.

Apakah Semakin Besar Semakin Cepat Mengisi Daya atau Berisiko?


Perlu diketahui bahwa daya pengisian yang dialirkan ke iPhone tidak diatur oleh adaptor tersebut melainkan oleh iPhone sendiri. Sebab iPhone memiliki chip atau komponen khusus yang berfungsi untuk mengatur daya pengisian yang masuk.

Hal inilah yang menyebabkan mengapa penggunaan adaptor daya tinggi tergolong aman, sebab iPhone sendiri lah akan mengatur daya yang masuk dan dari bukan adaptor.

Sedangkan untuk kecepatan pengisian daya tentu iPhone juga akan membatasinya. Beberapa iPhone terbaru sudah mendukung pengisian daya hingga maksimal 18W dan 20W yang akan menurun seiring bertambahnya daya baterai. Hal ini bertujuan untuk melindungi komponen baterai dari kerusakan.

Penutup...

Nah, jadi kalian tidak perlu khawatir untuk menggunakan adaptor dengan daya besar, khususnya untuk adaptor yang berasal dari Apple seperti yang dipakai oleh iPad maupun Macbook.

Selagi adaptor tersebut memiliki konektor Type C kalian dapat mengisi daya iPhone dengan lebih cepat.


Tetapi ingat juga bahwa Fast Charging akan membuat iPhone menjadi lebih panas dari biasanya, selain itu tidak semua iPhone mendukung Fast Charging tepatnya hanya iPhone 8, 8 Plus, X, XR, XS, XS Max, SE 2 serta jajaran iPhone 11, 12, 13, dan lebih baru lainnya.