Cara Menghilangkan Music di Lock Screen iPhone

Beberapa pengguna melaporkan bahwa di lock screen dan notification center iPhone mereka terdapat widget atau tampilan music player. Padahal saat itu tidak ada musik yang sedang terputar.


Nah, untuk mengatasinya cukup mudah. Tidak jarang hal ini terjadi akibat bug yang ada pada iOS ataupun dari aplikasi musik itu sendiri.

Kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut.

Tutup Aplikasi Music

Music akan tetap tampil di lock screen ataupun notification center selama aplikasi Music belum tertutup.

Untuk itu, pastikan kalian telah menutup aplikasi Music dari latar belakang dan cek kembali hasilnya.

Restart iPhone

Bug pada sistem seringkali menyebabkan music tetap tampil meskipun aplikasinya telah ditutup. Untuk mengatasinya, kalian hanya perlu me-restart (mematikan lalu menyalakan kembali) iPhone untuk menyegarkan kembali sistem pada iPhone.

Bagi yang ingin restart secara cepat bisa menggunakan metode Force Restart berikut.

iPhone 8, X, XR, XS, 11, SE 2, 12, 13, atau lebih baru lainnya.
  • Tekan tombol Volume Atas lalu lepas
  • Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas
  • Sekarang Tekan dan Tahan terus tombol Power/Lock hingga iPhone restart atau menampilkan logo Apple

iPhone 7 dan 7 Plus
  • Tekan dan Tahan terus tombol Volume Bawah/Atas (salah satu saja) bersamaan dengan tombol Power/Lock, hingga iPhone restart atau menampilkan logo Apple

iPhone SE, 6S, 6, 5S, atau lebih lama lainnya.
  • Tekan dan Tahan terus tombol Home bersamaan dengan tombol Power/Lock, hingga iPhone restart atau menampilkan logo Apple

Pastikan Bukan Widget

Apabila cara-cara di atas tidak membuahkan hasil pastikan tampilan Music yang dimaksudkan tersebut bukanlah Widget. Jika memang Widget, seperti yang ditunjukkan gambar di bawah, silakan ikuti cara berikut untuk menghapusnya.

Masuk ke Home Screen iPhone lalu usap hingga ke menu tampilan Widget bagian paling kiri

Setelahnya cari tombol Edit (paling bawah) lalu hapus widget music yang diinginkan (tap icon "-"), kemudian tap Hapus.


Update ke iOS versi Terbaru

Masih belum berhasil? coba update iOS pada iPhone ke versi terbaru yang tersedia saat ini melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Apabila pembaruan terbaru tidak atau belum tersedia, pertimbangkan menggunakan cara selanjutnya di bawah berikut.

Reset Pengaturan iPhone

Cara terakhir ini seharusnya sudah cukup ampuh untuk menghilangkan tampilan Music di lock screen maupun notification center iPhone kalian.

Namun ingat, cara ini akan mengembalikan seluruh pengaturan seperti WiFi, tata letak aplikasi, download/update otomatis, tata letak apliaksi di home screen, dan lain sebagainya.

Jika berminat, langsung saja buka aplikasi Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang > Atur Ulang lalu pilih Atur Ulang Pengaturan.

Penutup...

Bagaimana apakah cara-cara di atas sudah berhasil menghilangkan tampilan Music di Lock Screen ataupun Notification Center?

Admin harap seperti itu ya.. sebab dari pengalaman Admin sendiri, cukup dengan melakukan Restart maka masalah ini sudah langsung dapat teratasi.