Apa itu Pembaruan Pengaturan Operator di iPhone?

Beberapa pengguna iPhone mungkin pernah mendapakan pop up pesan 'Pembaruan Pengaturan Operator' atau 'Carrier Settings Update' terutama saat mengakses menu Mengenai/About, contohnya seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah berikut.


Lalu apa sih arti dari pesan tersebut dan apa fungsinya?

Arti Pembaruan Pengaturan Operator

Kemunculan pop up 'Pembaruan Pengaturan Operator' menandakan bahwa Apple atau penyedia jaringan seluler yang kalian gunakan saat ini, mengirimkan update/pembaruan untuk pengaturan jaringan di iPhone kalian.

Biasanya update tersebut berisikan sedikit perubahan atau peningkatan yang berkaitan dengan jaringan seperti pengaturan data, pesan suara, pesan teks, personal hotspot, panggilan, dan lain sebagainya.

Sangat direkomendasikan bagi kalian untuk memilih tombol Perbarui/Update dengan harapan bahwa beragam masalah jaringan di iPhone kalian dapat teratasi atau setidaknya terdapat peningkatan fungsi dan kualitas.

Cara Cek Pembaruan Pengaturan Operator di iPhone

Pesan tersebut dapat muncul secara acak, namun kalian dapat memeriksanya secara manual, caranya? 

1. Buka aplikasi Pengaturan lalu masuk ke menu Umum > Mengenai.

2. Apabila tersedia, maka akan muncul pop up 'Pembaruan Pengaturan Operator: Pengaturan baru tersedia. Ingin memperbaruinya sekarang?' jika ya, silakan pilih Perbarui


Pastikan koneksi ke jaringan dan internet tersedia.

Bagaimana jika tidak muncul? ada dua kemungkinan, yang pertama update belum tersedia dan yang kedua update mungkin akan dijadwalkan kembali nanti.

Setelah update selesai, disarankan untuk me-restart iPhone agar efek update dapat diterapkan dengan baik.

Penutup...

Perlu dicatat juga bahwa tidak mendapatkan update tersebut bukan berarti jaringan di iPhone kalian tidak dalam kondisi terupdate. Update tersebut lebih spesifik ke pengaturan jaringan seluler menyesuaikan dengan operator yang kalian gunakan.

Untuk perbaikan, peningkatan, dan pengoptimalan jaringan yang lebih besar biasanya datang atau sudah dipaketkan bersama dengan update iOS versi terbaru.