Cara Mengatasi Layar iPhone Gelap di Bawah Sinar Matahari

Saat berada di luar ruangan tepatnya di bawah terik panasnya sinar matahari pada siang hari, tidak jarang layar iPhone menjadi tidak terlihat dengan jelas alias gelap.

Lalu apakah hal ini normal dan bagaimana solusi mengatasinya?

Apakah Normal Layar iPhone Gelap di Bawah Sinar Matahari?


Layar iPhone yang terlihat gelap di bawah sinar matahari tergolong normal sebab ini pertanda bahwa cahaya matahari jauh lebih terang dibandingkan cahaya pada layar iPhone.

Perlu diketahui bahwa saat berada di bawah cahaya sinar matahari pupil mata manusia cenderung akan mengecil untuk membatasi cahaya yang masuk, akibatnya cahaya pada layar yang lebih gelap akan semakin sulit terlihat.

Namun tidak perlu khawatir, untuk mengatasi masalah tersebut sebenarnya cukup mudah.

1. Terangkan Layar Secara Manual

Karena cahaya matahari terlalu terang, layar harus menyeimbangi terang tersebut agar dapat terlihat dengan jelas oleh mata.

Caranya sangat mudah, silakan atur kecerahan layar pada iPhone kalian ke tingkat yang paling tinggi dan lihat hasilnya.


2. Nonaktifkan Kecerahan-Otomatis

Kecerahan Otomatis atau Auto-Brigthness merupakan fitur pada iPhone yang digunakan untuk mengatur pencahyaan layar secara otomatis mengikuti pencahyaan sekitar.

Terkadang, fitur ini malah mengatur layar iPhone untuk menjadi lebih gelap. Solusinya, silakan nonaktifkan Kecerahan-Otomatis melalui aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks kemudian cari dan nonaktifkan menu Kecerahan-Otomatis.


Setelah itu, silakan ikuti kembali cara pertama di atas.

3. Nonaktifkan Mode Daya Rendah

Layar sudah terang dan kecerahan otomatis sudah dinonaktifkan namun layar masih terlihat gelap? silakan nonaktifkan fitur Mode Daya Rendah jika dalam keadaan aktif.

Fitur yang digunakan untuk menghemat baterai ini akan menurunkan kecerahan maksimal untuk layar iPhone.

Jadi, menonaktifkan fitur ini akan mengembalikan kecerahan layar iPhone ke titik paling terang sehingga layar iPhone kembali bisa terlihat lebih jelas.

4. Layar iPhone Panas/Overheat

Perlu diketahui bahwa layar iPhone secara otomatis akan membatasi kecerahan maksimalnya (turun hingga sekitar 50%), apabila layar mengalami overheat atau kepanasan.

Hal ini dilakukan demi melindungi komponen layar agar tidak mengalami kerusakan, apalagi terik sinar matahari di siang hari akan menghasilkan sengatan panas yang cukup tinggi.

Solusinya, silakan tunggu hingga layar iPhone tersebut kembali dingin atau gunakan di tempat yang lebih gelap.

5. Pergi ke Tempat yang Lebih Gelap


Jika cara-cara di atas kurang membantu, silakan gunakan iPhone di dalam ruangan atau area dengan pencahyaan yang sedikit gelap, misalnya di bawah pohon atau tempat berteduh lainnya.

Penutup...

Perlu diketahui juga bahwa beberapa iPhone model terbaru khususnya dengan layar OLED memiliki tingkat kecerahan yang tinggi, sehingga saat berada di bawah terik sinar matahari layar akan lebih mudah terlihat.


Meski begitu, menggunakan iPhone di bawah sinar matahari terlalu lama dapat meningkatkan risiko layar menjadi panas atau overheat. Jadi, disarankan untuk tidak menjemur iPhone kalian terlalu lama ya..