Cara Cek Sudah Berapa Lama iPhone Dipakai

Cukup penting rasanya untuk mengetahui sudah berapa lama iPhone yang kalian miliki tersebut dipakai, lebih khusus lagi iPhone yang dibeli dalam kondisi second.


Sayangnya untuk saat ini Apple tidak memberikan informasi yang jelas soal tanggal kapan iPhone tersebut pertama kali digunakan atau diaktifkan. Hal ini cukup menyulitkan bagi pengguna yang ingin tahu usia pemakaian iPhone tersebut.

Namun, tidak perlu khawatir, ada cara yang dapat kalian gunakan untuk mengetahui sudah berapa lama iPhone tersebut dipakai/gunakan. Apa itu? langsung saja cek ulasan di bawah berikut.

Cek Garansi

Salah satu indikator paling ampuh untuk mengetahui kapan iPhone tersebut dibeli dan diaktifkan yakni dari sisa masa garansinya.

Caranya, silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Mengenai kemudian cek menu Garansi Terbatas atau Limited Waranty


iPhone sendiri memiliki garansi terbatas selama 1 tahun. Nah, apabila waktu garansi iPhone tersebut misalnya expire atau berakhir pada tanggal 25 Desember 2020 seperti yang ditunjukkan oleh gambar di atas. Maka iPhone tersebut sudah pasti untuk pertama kalinya diaktivasi dan digunakan sekitar tanggal 25 Desember 2019.

Namun, bagaimana jika 'Perlindungan Berakhir'? berarti iPhone sudah digunakan atau aktivasi lebih dari satu tahun. Untuk pastinya, agak sulit diketahui karena Apple tidak menampilkan informasi tanggal garansinya lagi, jadi silakan cek cara selanjutnya di bawah berikut.

Cek Tanggal iPhone Diproduksi

Beberapa aplikasi pihak ketiga seperti '3uTools' dapat memberikan informasi yang cukup detail tentang iPhone yang kalian gunakan. Salah satunya adalah tanggal kapan iPhone tersebut diproduksi.


Meskipun tidak bisa menjadi indikator pasti iPhone pertama kali digunakan/aktivasi, namun setidaknya kita bisa memperkirakan usia pemakaian iPhone tersebut.

Karena 3uTools merupakan aplikasi komputer, cara selengkapnya silakan cek pada postingan berikut: Cara Cek Tahun Tanggal Pembuatan iPhone, iPad, & iPod touch dengan 3uTools

Ketahui Usia iPhone Sejak Dirilis

Selanjutnya kalian dapat memperkirakan usia pemakaian iPhone berdasarkan tanggal iPhone tersebut dirilis dan dihentikan produksinya oleh Apple.

Bagaimana cara mengetahuinya? langsung saja cek postingan berikut: Daftar iPhone yang Sudah Tidak Diproduksi Lagi oleh Apple

Cara Hitung dan Memperkirakan Sudah Berapa Lama iPhone Dipakai (Garansi Habis)


Sebagai contoh, kalian membeli iPhone 11 Pro Max (second) pada tanggal 21 Februari 2022 yang ternyata masa garansi resmi dari Apple sudah berakhir.

Garansi yang habis tersebut pertanda usia iPhone sudah lebih dari satu tahun, dalam arti dibeli sebelum tanggal 21 Februari 2021.

Selanjutnya, iPhone 11 Pro Max pertama kali diperkenalkan dan dirilis oleh Apple tanggal 20 September 2019 dan dihentikan produksinya pada tanggal 13 Oktober 2020.

Di sini bisa diperkirakan bahwa usia iPhone tersebut sudah sekitar 2 tahun. Tepatnya, dihitung sejak tanggal saat ini dan tanggal garansi diperkirakan habis yakni antara bulan Februari 2021 yang mana sudah terhitung 1 tahun, serta hingga tanggal iPhone tersebut dirilis pertama kali pada bulan September 2019 dan dihentikan produksinya pada bulan Oktber 2020.

Singkatnya (rumus): Tanggal saat ini dikurangi 1 tahun (perkiraan garansi habis), dikurangi lagi hingga tanggal dihentikan produksinya atau saat pertama kali dirilis.

Penutup...

Memang agak sedikit sulit untuk mengetahui usia iPhone jika masa garansinya sudah habis. Yang kita bisa usahakan adalah melihat indikasi-indikasinya saja.

Oh ya, Battery Health juga menjadi salah satu indikatornya lho.. umumnya penurunan dari kondisi baru 100% hingga 80%,membutuhkan waktu sekitar satu setengah sampai dua tahun penggunaan. Tetapi itu jika baterai yang digunakan oleh iPhone tersebut masih asli bawaannya.

Namun, saat ini kebanyakan iPhone yang usianya sudah cukup lama baterainya sudah diganti. Tidak jarang ditemukan juga beberapa yang informasi Battery Health-nya sudah dimodifikasi. Selengkapnya bisa cek di sini: Battery Health iPhone Bisa Dipalsukan, Ini Rahasianya

Sampai Apple memberikan informasi tanggal iPhone diaktivasi, cara-cara di atas setidaknya dapat menjadi acuan sementara untuk mengetahui usia pemakaian dan tanggal pertama kali diaktivasi.