Cara Mengatasi ID Apple ini Tidak Valid atau Tidak Didukung

Apakah kalian lupa dengan password ID Apple yang ada pada iPhone atau mungkin tidak bisa login? jika ya, sebenarnya tidak sedikit pengguna yang mengalami masalah serupa, di mana saat login, logout, atau ingin me-reset password, muncul pesan "ID Apple ini tidak valid atau tidak didukung" (This Apple ID is not valid or not supported).


Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi ID Apple ini Tidak Valid atau Tidak Didukung

1. Pastikan ID Apple Sudah Benar

Pastikan ID Apple yang dimasukkan sudah benar dalam arti email yang digunakan untuk login di iPhone tersebut.

2. Ubah Password ID Apple

Khusus bagi yang tidak bisa logout karena lupa password, coba buka aplikasi Pengaturan lalu tap pada menu ID Apple > Kata Sandi & Keamanan > Ubah Kata Sandi dan ikuti proses selanjutnya hingga selesai.

3. Lupa Password ID Apple

Coba metode berikut untuk mengubah password ID Apple kalian langsung di iPhone.

Caranya buka aplikasi Pengaturan iPhone lalu pilih menu Masuk ke iPhone Anda kemudian pilih menu Tidak punya ID Apple atau Lupa Kata Sandi > Lupa ID Apple, kemudian masukkan Nama Depan, Nama Belakang, dan Email yang digunakan pada ID Apple tersebut.

Jika ditemukan silakan tap Lupa Kata Sandi dan ikuti proses selanjutnya hingga selesai.

4. Lupa Password ID Apple Melalui Website Apple

Selanjutnya apabila metode ke 3 di atas tidak membuahkan hasil, coba reset password ID Apple melalui website Apple berikut: https://iforgot.apple.com/

Apabila berhasil, silakan coba login atau logout kembali dan lihat hasilnya.

Solusi Terakhir

Sebenarnya sampai saat ini belum ada solusi yang cukup jelas dari ID Apple yang tidak bisa login atau logout karena tidak valid atau tidak didukung.

Bagi yang tidak bisa login, diduga email pada ID Apple pernah diganti sebelumnya sehingga tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya dan muncul lah pesan tidak valid atau didukung. Pengguna, bisa mencoba untuk mengubah email ID Apple (apabila bisa login) dengan email yang baru.

Jika tidak bisa juga, pertimbangkan untuk membuat ID Apple yang baru.

Bagi yang lupa password dan ingin logout ID Apple dari iPhone, bisa mempertimbangkan untuk me-restore iPhone melalui iTunes dengan konsekwensi data-data pada iPhone akan terhapus permanen (silakan dibackup dulu). Caranya silakan cek di sini: Cara Menghapus Apple ID/iCloud yang Lupa Password di iPhone dan iPad

Penutup...

Bagaimana apakah masalah terkait ID Apple yang tidak valid atau didukung tersebut sudah berhasil teratasi? Admin harap begitu ya.

Nah, bagi yang punya pengalaman terkait masalah di atas dan berhasil memperbaikinya, jika berkenan, kalian dapat membagikan tipsnya melalui kolom komentar di bawah agar pembaca lainnya bisa juga menemukan solusi dari masalah yang mereka hadapi. Terima Kasih!