Cara Mematikan VPN di iPhone dan iPad

Bagi kalian yang baru saja menggunakan VPN yang masih bingung atau mungkin mengalami masalah ketika akan mematikan VPN. Pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-cara mudah untuk menonaktifkan VPN di iPhone dan iPad kalian.


Kalau begitu, langsung saja ikuti cara-caranya di bawah berikut ini.

Cara Mematikan VPN di iPhone dan iPad

Terdapat 3 cara yang umum digunakan untuk mematikan VPN, silakan ikuti salah satunya.

1. Langsung Melalui aplikasi VPN

Nah, ini cara termudah dan terampuh yang dapat kalian lakukan, yakni mematikan (disconnect) VPN langsung melalui aplikasi VPN yang digunakan. Biasanya dalam aplikasi VPN terdapat tombol Putuskan/Disconnect untuk mematikan sambungan VPN.


2. Melalui Pengaturan

Langsung saja masuk ke aplikasi Pengaturan lalu matikan menu VPN. Seketika jaringan akan restart dan VPN akan dinonaktifkan.


3. Melalui Pengaturan VPN

Selanjutnya, apabila cara-cara di atas tidak berhasil mematikan VPN, coba matikan secara manual melalui menu Pengaturan > Umum > Manajemen VPN & Perangkat > VPN lalu nonaktifkan menu Status.


Masih belum Berhasil?

Apabila cara-cara di atas tidak ada yang berhasil dan akses VPN ternyata masih terhubung, pertimbangkan untuk me-restart iPhone atau menghapus aplikasi VPN lalu menginstallnya kembali jika dibutuhkan.

Selanjutnya jika masih tidak berhasil, coba reset pengaturan jaringan di iPhone melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang lalu pilih menu Atur Ulang Jaringan.

Ciri-Ciri VPN yang Aktif dan Tidak Aktif

VPN iPhone yang aktif ditandai dengan icon [VPN] yang muncul pada status bar iPhone. Bagi pengguna iPhone dengan Notch (contoh: iPhone X, XR, XS, 11, 12, 13) silakan buka Control Center untuk melihat status bar secara lengkap.


Apabila tidak ada icon [VPN] yang muncul, berarti VPN dalam keadaan tidak aktif.

Cara Mengaktifkan Kembali VPN

Untuk mengaktifkan kembali VPN di iPhone dan iPad, silakan buka aplikasi VPN yang digunakan lalu tap menu 'Connect' atau 'Sambungkan' lalu pilih server yang diinginkan.

Selain itu jangan lupa juga untuk memastikan langganan layanan VPN kalian telah aktif ya, tak terkecuali kalian menggunakan layanan VPN gratis.

Penutup...

VPN atau Virtual Private Network merupakan layanan jaringan yang digunakan untuk mengubah alamat IP pengguna dengan mengalihkannya ke server penyedia VPN. Dengan begitu identitas kalian akan tersembunyi dan akses ke situs yang diblokir sebelumnya oleh ISP (penyedia jaringan internet) akan terbuka.

Meski begitu terdapat cukup banyak kekurangan dari VPN, yakni akses internet yang umumnya jauh lebih lambat dari akses internet normal tanpa VPN.

Jadi, apakah kalian memutuskan untuk tetap menggunakan VPN, sesekali menggunakannya, atau ingin menghapusnya? tinggalkan komentar kalian melalui kolom komentar di bawah ya.