Fungsi Pembaca Label NFC di iPhone

Tidak sedikit pengguna iPhone yang menemukan menu 'Pembaca Label NFC' atau 'NFC Tag Reader' di Pusat Kontrol/Control Center dan bingung dengan apa fungsi dari menu tersebut.

Nah, bagi yang belum tahu, berikut adalah penjelasan dari fungsi menu tersebut.

Fungsi Pembaca Label NFC di iPhone


Pembaca Label NFC atau NFC Tag Reader merupakan menu yang digunakan untuk membaca sambungan NFC.

Sebagai contoh, apabila kalian ingin membaca konten pada sebuah kartu, label, chip, atau apapun itu sumbernya yang dilengkapi dengan sambungan NFC, maka kalian cukup mengakses menu 'Pembaca Label NFC' pada iPhone dan mendekatkan iPhone ke sumber NFC yang akan dibaca.

Dalam praktik sehari-hari, hal seperti ini seringkali digunakan sebagai metode pembayaran. Misalnya untuk mendapatkan kode konfirmasi pembayaran dengan cepat. Meski biasanya dilakukan langsung melalui menu yang sudah disediakan dalam aplikasi pembayaran yang digunakan.


Cara Menggunakan Pembaca Label NFC atau NFC Tag Reader

Cukup mudah, pertama-tama pastikan 'Pembaca Label NFC' atau 'NFC Tag Reader' sudah ditambahkan ke Pusat Kontrol/Control Center iPhone

Namun ingat, cara ini khusus untuk pengguna iPhone 7 hingga iPhone X saja. Untuk alasannya silakan cek subjudul selanjutnya di bawah.

Lanjut, untuk menambahkannya ke Pusat Kontrol/Contol Center silakan buka aplikasi Pengaturan > Pusat Kontrol (Control Center), lalu cari menu Pembaca Label NFC atau NFC Tag Reader dan tap icon tanda '+' di sebelahnya.


Jika sudah, buka Pusat Kontrol/Control Center iPhone dan tap icon 'Pembaca Label NFC' atau 'NFC Tag Reader' tersebut untuk mulai melakukan scan pada sumber NFC.


Pembaca Label NFC atau NFC Tag Reader Cuma ada di iPhone 7 hingga iPhone X

Perlu diketahui bahwa menu 'Pembaca Label NFC' atau 'NFC Tag Reader' ini hanya tersedia di jajaran iPhone 7, jajaran iPhone 8, dan iPhone X dengan iOS 14 atau lebih baru. Mengapa? sebab iPhone-iPhone ini memiliki fitur NFC yang tidak bisa berjalan di latar belakang, tepatnya membutuhkan aplikasi untuk dapat bekerja.

Berbeda dengan iPhone XR, XS, 11, 12, 13 dan lebih baru lainnya di mana akses NFC dapat berjalan di latar belakang. Dalam arti, pengguna cukup mendekatkan iPhone ke sumber NFC lalu iPhone secara otomatis akan mendeteksi dan membacanya tanpa harus membuka menu Pembaca Label NFC atau aplikasi tertentu.

Apa itu NFC?


NFC atau Near Field Communication adalah sebuah alat yang digunakan untuk melakukan sambungan antar perangkat dari jarak dekat dengan sangat cepat.

Karena kemudahannya yakni cukup mendekatkan antar perangkat, NFC seringkali digunakan sebagai metode atau alat untuk konfirmasi pembayaran, hingga membaca, mendeteksi, dan membuka link tertentu.

Saat ini banyak smartphone yang telah dilengkapi dengan fitur NFC termasuk pada kebanyakan iPhone terbaru saat ini.

Penutup...

Bagaimana sudah tau kan fungsi dari menu 'Pembaca Label NFC' atau 'NFC Tag Reader'? apabila ada yang belum jelas dan ingin ditanyakan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya.. Terima Kasih.