Ciri-Ciri Baterai iPhone Suntikan Serta Kekurangan dan Kelebihannya

Pada postingan kali ini Admin akan membahas informasi penting seputar baterai iPhone suntikan beserta ciri-ciri serta kekurangannya bahkan kelebihannya.

Mengapa penting? sebab baterai sendiri adalah komponen yang keberadaanya sangat vital dalam mensuplai daya ke beragam komponen dalam iPhone agar berfungsi dengan baik.

Apa Itu Baterai iPhone Suntikan?


Baterai iPhone Suntikan adalah istilah yang merujuk pada iPhone yang komponen baterainya sudah dimodifikasi, biasanya hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menampilkan hingga mengubah nilai Kesehatan Baterai (Battery Health) agar terlihat lebih tinggi, atau mengubah Charge Times atau Jumlah Pengisian Daya agar terlihat masih sedikit.

Sebab pada dasarnya iPhone sendiri tidak akan atau dapat membaca informasi Kesehatan Baterai pada komponen Baterai pengganti yang tidak asli atau menggunakan alat resmi dari Apple.

Sehingga proses suntuk/modifikasi ini digunakan agar iPhone dapat mendeteksi baterai pengganti tersebut sebagai komponen baterai asli bawaannya.

Metode yang biasanya digunakan adalah dengan menyalin informasi dari baterai asli bawaan iPhone tersebut ke baterai pengganti menggunakan alat tertentu seperti yang sudah pernah dibahas di sini: Battery Health iPhone Bisa Dipalsukan, Ini Rahasianya

Ciri-Ciri Baterai iPhone Suntikan


Ingin mengetahui iPhone dengan baterai hasil suntikan? sangat mudah, sebab umumnya kalian akan mendapati ciri-ciri berikut pada baterai iPhone hasil suntikan.

1. Kesehatan Baterai (Battery Health) Turun Drastis Tiba-Tiba dalam Waktu Singkat

Apabila kalian mendapati Kesehatan Baterai di iPhone Second yang baru kalian beli turun drastis dalam waktu singkat, misalnya antara 5% sampai 10% dalam waktu kurang dari satu bulan, ada kemungkinan yang sangat besar komponen Baterai pada iPhone tersebut merupakan hasil suntikan.

Meski kadang masih tidak akurat namun umumnya penurunan drastis tersebut akan berhenti di satu titik di mana iPhone telah berhasil mendeteksi kapasitas asli baterai.

2. Jumlah Charge (Charge Times) Sangat Sedikit

Salah satu ciri-ciri baterai hasil modifikasi lainnya adalah jumlah charge atau pengisian daya yang masih sangat sedikit bahkan nol kali untuk ukuran iPhone Second yang terlihat sudah cukup lama dipakai.

Untuk mengetahui jumlah charge atau pengisian daya iPhone, silakan cek melalui link berikut: Cara Cek iPhone Sudah Berapa Kali Dicas

3. iPhone Berusia Lama dengan Kesehatan Baterai Masih 100%

Sebenarnya untuk ukuran iPhone Second terutama apabila iPhone tersebut sudah berusia cukup lama dan sudah terlihat sering dipakai (misalnya banyak baret, dll.), tetapi masih memiliki Kesehatan Baterai 100%, ada kemungkinan baterai pada iPhone tersebut sudah tidak asli lagi.

Meski tidak dipakai pun, Kesehatan Baterai iPhone masih bisa menurun seiring waktu. Apalagi jika sering dipakai? tentu mendapatkan iPhone yang sudah berusia lebih dari 2 tahun sejak dirilis namun memiliki Kesehatan Baterai 100% adalah hal yang patut dicurigai.

4. Baterai Agak Boros

Meskipun Kesehatan Baterainya tampil cukup tinggi, namun daya yang dapat ditampung dan disalurkan oleh Baterai tentu tidak bisa dipalsukan.

Hal ini umumnya menyebabkan Baterai iPhone menjadi lebih boros apabila dibandingkan dengan menggunakan komponen baterai yang benar-benar asli dan resmi dari Apple.

5. iPhone Pernah Dibongkar Sebelumnya

Melanjutkan poin ke 3 di atas, apabila kalian mendapati iPhone terlihat sudah pernah dibongkar, misalnya layar dan bodinya tidak menempel dengan sempurna, ada kemungkinan baterai pada iPhone tersebut pernah diganti sebelumnya.

Apa Kekurangan dan Risiko Baterai iPhone Suntikan?


Ada beberapa kekurangan dan risiko apabila baterai iPhone ternyata merupakan hasil suntikan, yakni:

  • Informasi Kesehatan Baterai (Battery Health) tidak jelas atau akurat.
  • Kesehatan Baterai turun tiba-tiba secara drastis.
  • Performa iPhone tidak stabil apabila baterai pengganti memiliki kualitas yang buruk.
  • Baterai lebih boros atau cepat habis.
  • Meski jarang terjadi, kualitas baterai pengganti yang sangat buruk seiring waktu dapat menyebabkan kerusakan pada komponen iPhone lainnya.
  • Pertanda iPhone sudah pernah dibongkar secara tidak resmi sehingga berisiko kehilangan fitur bawannya seperti ketahanan terhadap air atau menjadi kurang presisi karena proses pemasangan yang tidak rapih.

Nah, di samping seluruh kekurangan serta risikonya, ada beberapa kelebihan juga yang harus kalian ketahui dari iPhone dengan Baterai hasil Suntikan.

Kelebihan iPhone Baterai Suntikan


Baterai sendiri adalah komponen habis pakai yang kemampuannya akan menurun seiring dengan waktu dan penggunaan.

Pada kebanyakan iPhone Second yang sudah memiliki usia penggunaan lebih dari 1 atau 2 tahun, umumnya telah memiliki komponen baterai yang tidak lagi baik walaupun masih asli bawaannya.

Maka dari itu, meski diganti ke baterai hasil suntikan yang umumnya dilakukan agar informasi Kesehatan Baterai dapat terbaca. Hal ini bisa dikatakan jauh lebih baik dibandingkan iPhone dengan komponen baterai yang masih asli namun Kesehatan Baterainya sudah sangat rendah yang rentan menimbulkan beragam masalah dalam waktu dekat nantinya.

Jadi, jika kalian mendapatkan iPhone hasil suntikan, namun selama iPhone tersebut masih berfungsi dengan baik dan tidak menimbulkan masalah apapun terutama yang berkaitan dengan baterai, maka kalian htidak perlu mengkhawatirkannya.

Penutup...

Bagaimana, sudah tau kan apa itu baterai iPhone hasil suntikan beserta ciri-cirinya?

Ya, iPhone dengan baterai suntikan seringkali ditemukan pada iPhone second yang ditawarkan dengan harga yang cukup murah (biasanya dijual grosir).

Salah satu tujuannya mungkin untuk menyamarkan jika iPhone pernah dibongkar atau komponen baterai sudah pernah diganti sebelumnya sehingga meningkatkan minat pembeli.

Hal ini tidak lepas juga dari banyaknya pengguna yang menjadikan iPhone dengan ciri-ciri "belum pernah dibongkar" atau "Battery Health yang tinggi" sebagai indikator kualitas dari iPhone Second tersebut.