Cara Cek iPhone Sudah Berapa Kali Dicas

Cukup banyak pengguna iPhone yang bertanya-tanya, bagaimana sih cara mengetahui atau cek sudah berapa kali iPhone dicas?


Nah, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-caranya untuk kalian. Cara yang akan Admin bagikan ini bisa diterapkan juga untuk iPad dan iPod touch.

Sebab seperti yang umum diketahui bahwa usia baterai iPhone dapat dinilai berdasarkan banyaknya jumlah pengisian daya. Semakin sering dicas maka kemungkinan besar kesehatan baterai sudah cukup jauh menurun.

Namun, sebelum melanjutkan, perlu kalian ketahui bahwa cara ini membutuhkan bantuan dari komputer (Windows) atau Mac (macOS).

Kalau begitu, langung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Cek iPhone Sudah Berapa Kali Dicas

1. Silakan download terlebih dahulu aplikasi yang dibutuhkan berikut:


2. Jika sudah, langsung saja sambungkan iPhone kalian menggunakan kabel data, lalu buka aplikasi 3uTools atau coconutBattery.

3. Selanjutnya, bagi pengguna 3uTools silakan perhatikan menu "Charge Times" sedangkan pengguna coconutBattery perhatikan menu "Cycle Count".


Ingat! jumlah cas ini dihitung berdasarkan jumlah pengisian daya 100% yang artinya setiap total 100% pengisian daya akan dihitung 1 kali dicas.

Sebagai contoh apabila saat ini kalian mengisi daya iPhone dari 20% sampai 70% maka tidak akan dihitung, sebab hanya bertambah 50%.

Nah, ketika daya sudah turun ke 20% lagi dan dicas lagi ke 100% maka jumlah cas akan dihitung satu.

Sebab jumlah pengisian daya pertama (+50%) dan yang kedua (+80%) hasilnya adalah 130% yang mana sudah mencapai 100% yang dihitung satu.

Berapa Jumlah Maksimal Baterai iPhone Dicas?

Seiring berjalannya waktu komponen baterai akan kehilangan kemampuan dalam mengisi daya yang menyebabkannya semakin boros.

Di iPhone hal ini ditandai dengan semakin menurunnya Battery Health atau Kesehatan Baterai.

Umumnya komponen baterai dapat menampung 500 kali jumlah pengisian daya atau cas lengkap (100%) dengan mempertahankan kapasitas aslinya hingga 80%.

Jika sudah 500 kali, maka baterai iPhone mungkin perlu diganti untuk mengembalikan daya tahan baterai iPhone, performa, serta kinerjanya.

Penutup...

Pada intinya, apabila Battery Health iPhone sudah hampir menyentuh angka 80%, maka komponen baterai tersebut sudah harus siap untuk diganti.

Jika tidak, maka tidak menutup kemungkinan baterai akan menimbulkan beragam masalah seperti boros, drop tiba-tiba, sulit dicharge, cepat panas, dll.