Saat Berapa Persen Baterai iPhone Harus Dicas?

Untuk merawat agar kesehatan baterai iPhone tetap terjaga dan tidak cepat menurun kalian dapat menerapkan pola ngecas atau mengisi daya yang baik. Salah satunya caranya adalah dengan segera dicas apabila daya baterai telah cukup rendah.

Nah, tidak sedikit pengguna yang bertanya-tanya, saat berapa persen baterai iPhone segera harus dicas?

Berikut jawabannya:

Saat Berapa Persen Baterai iPhone Harus Dicas?

Untuk menjaga Kesehatan Baterai iPhone agar tidak cepat menurun, disarankan untuk segera dicas apabila baterai telah menyentuh angka 20% atau saat iPhone menampilkan pesan baterai lemah.


Sangat tidak direkomendasikan untuk secara terus-menerus sering membiarkan baterai iPhone hingga berada di bawah 10% atau bahkan hingga iPhone mati kehabisan baterai. Sebab tanpa disadari hal ini dapat mempercepat penurunan Kesehatan Baterai.

Charge Sampai Sekitar 80%-90% Saja

Selanjutnya bagi yang benar-benar ingin menjaga kesehatan baterai iPhone agar tidak cepat menurun, perlu diketahui juga bahwa sering membiarkan daya baterai iPhone berada di level yang sangat tinggi (sebut saja 90%-100%) dalam waktu yang lama, juga dapat mempercepat penurunan kesehatan baterai.

Jadi, apabila tidak benar-benar diperlukan, pengguna dapat membatasi ngecas baterai iPhone hingga sekitar 80% saja.


Meski begitu, apabila ingin bepergian dan jauh dari sumber pengisian daya, tentu jangan ragu untuk mengisi daya iPhone hingga 100% ya. Sesekali tentu tidak masalah dan tidak akan banyak berpengaruh, hehe.

Penutup...

Terapkan pola pengisian daya 20-80, artinya segera dicharge ketika baterai telah menyentuh angka 20% dan segera cabut apabila baterai telah terisi hingga 80%.

Namun sekali lagi, hal-hal di atas tidak harus kalian terapkan setiap hari. Apabila sedang dalam kondisi darurat dan benar-benar dibutuhkan, tidak ada salahnya sesekali membiarkannya habis atau diisi hingga benar-benar penuh.

Sebab penurunan kesehatan baterai sendiri baru akan terasa turun secara signifikan apabila kebiasaan tersebut sering atau bahkan terjadi hampir setiap hari.