Apakah iPhone X, 8 Plus, dan 8 Sudah Support 5G?

Jaringan 5G menawarkan kecepatan akses internet yang tinggi serta lantensi atau waktu respon yang sangat rendah sehingga cocok untuk download file berukuran besar, streaming video berkualitas tinggi, bermain game online, dan lain sebagainya.

Sayangnya, tidak semua iPhone mendukung penggunaan jaringan 5G, hanya iPhone tertentu saja yang sudah mendukungnya.

Apakah iPhone X, iPhone 8 Plus, dan iPhone 8 termasuk salah satunya?

Apakah iPhone X, 8 Plus, dan 8 Sudah Support 5G?


Sayangnya iPhone X, iPhone 8 Plus, dan iPhone 8 termasuk salah satu dari banyak model iPhone lama yang belum support untuk menggunakan jaringan 5G.

Saat ini iPhone yang sudah mendukung jaringan 5G dimulai dari jajaran iPhone 12, iPhone 13, dan lebih baru lainnya.

4G vs 5G

Meski begitu pengguna iPhone X, iPhone 8 Plus, dan iPhone 8 sepertinya tidak perlu berkecil hati, sebab jaringan 4G/LTE sendiri masih menawarkan kecepatan yang sebenarnya sudah cukup kencang untuk beragam keperluan saat ini, kembali lagi dari kualitas jaringan yang ditawarkan oleh operator jaringan yang digunakan.

Sedangkan jaringan 5G sendiri sepertinya juga akan membutuhkan waktu cukup lama untuk dapat diterapkan secara merata di Indonesia. Jadi, masih ada banyak waktu untuk mempertimbangkan upgrade ke iPhone yang sudah support 5G ke depannya.

Kelebihan dan Kekurangan 5G


Kelebihan utama dari jaringan 5G bisa ditemukan dari kecepatannya yang sangat tinggi serta latensi atau waktu respon yang sangat rendah.

Dengan menggunakan jaringan 5G, iPhone bisa streaming video kualitas tinggi, download dan menginstall update iOS, hingga backup data ke iCloud tanpa bantuan dari WiFi lagi.

Namun, kekurangan dari jaringan 5G sendiri datang penggunaan data (kuota) yang mungkin akan lebih boros serta meningkatnya penggunaan daya baterai.

Penutup...

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Kalau menurut Admin bagi yang sudah menggunakan iPhone X, iPhone 8 Plus, atau iPhone 8 sepertinya untuk saat ini jaringan 5G masih belum layak dijadikan alasan utama untuk upgrade ke iPhone 12 atau lebih baru, tak terkecuali bagi yang baru saja ingin membeli iPhone untuk menyambut kehadiran jaringan 5G.