Berapa Persen Battery Health iPhone Harus Diganti?

Battery Health atau Kesehatan Baterai yang telah menurun secara signifikan dapat menyebabkan beragam masalah pada iPhone, salah satu yang paling umum adalah baterai yang menjadi boros.

Jika dibiarkan terus-menerus menurun, dampak yang lebih serius akan terjadi, sebut saja iPhone jadi nge-lag, kurang responsif, loading sendiri, hingga restart secara tiba-tiba. Dalam kasus terparah iPhone bahkan akan menjadi sulit dicharge atau tidak mau menyala sama sekali (stuck di logo Apple).


Nah, tidak sedikit pengguna yang bertanya-tanya, "Sampai berapa persen Battery Health iPhone hingga Baterai perlu/harus diganti?".

Berikut jawabannya:

Sampai Berapa Persen Battery Health Hingga Baterai Harus/Perlu Diganti?

Secara umum direkomendasikan untuk segera mengganti komponen baterai iPhone ke yang baru apabila Battery Health telah menunjukkan angka 80%.

Sebab di angka tersebut biasanya baterai sudah mulai terasa sangat boros, iPhone menjadi lebih cepat panas, dan beragam gejala kerusakan baterai lainnya.

Namun begitu, pengguna iPhone juga dapat menunggu hingga menu Battery Health/Kesehatan Baterai menampilkan status 'Servis'...


...Yang diikuti pesan peringatan bahwa Kesehatan baterai telah berkurang drastis.


Bagaimana Cara Mengganti Baterai iPhone?

Silakan bawa iPhone ke authorized servis center Apple resmi di Indonesia atau layanan perbaikan terpercaya lainnya.

Apabila belum berpengalaman tidak disarankan untuk mengganti sendiri baterai iPhone, tak terkecuali kalian dapat menerima segala risiko yang mungkin terjadi. Jika bersedia, kalian bisa cek tutorialnya di YouTube, sesuaikan dengan model iPhone yang akan diganti baterai.


Perlu diketahui juga bahwa melakukan penggantian baterai iPhone secara tidak resmi dari Apple, umumnya akan membuat iPhone tidak bisa membaca Battery Health dari baterai pengganti tersebut.

Penutup...

Pada intinya, 80% adalah batas minimal Battery Health yang menunjukkan bahwa baterai iPhone perlu untuk segera diganti. Hal ini secara umum berlaku juga untuk kebanyakan smartphone lainnya.

Setelah mengganti baterai maka iPhone dapat bekerja dengan normal kembali layaknya masih baru dan Battery Health akan kembali ke 100%.