Apa arti Important Battery Message di iPhone?

Tidak sedikit pengguna iPhone yang menemukan pesan peringatan "Important Battery Message" atau "Pesan Baterai Penting" pada menu Battery Health.


Lalu apa sih arti dari pesan tersebut, apa dampaknya, dan bagaimana solusi mengatasinya?

Arti Important Battery Message di iPhone

Arti dari munculnya 'Important Battery Message' atau 'Pesan Baterai Penting' yakni untuk menunjukkan bahwa terdapat masalah pada komponen baterai di iPhone tersebut.

Tergantung apa pesan selanjutnya, berikut adalah arti selengkapnya.

Kesehatan Baterai Berkurang Drastis

"Your battery’s health is significantly degraded. An Apple Authorized Service Provider can replace the battery to restore full performance and capacity.


"Kesehatan baterai Anda berkurang drastis. Penyedia Servis Resmi Apple dapat mengganti baterai untuk memulihkan kinerja dan kapasitas penuh."


Pesan tersebut menunjukkan bahwa kemampuan baterai telah berkurang drastis sehingga menyebabkan beragam masalah pada iPhone seperti boros, cepat panas, hingga sulit dicharge. Biasanya pesan ini muncul apabila Battery Health telah berada di bawah 80%.

Maka dari itu, sebagai solusinya pengguna disarankan untuk melakukan penggantian baterai untuk mengembalikan fungsi normal iPhone.

Tidak Dapat Menentukan Kesehatan Baterai

"This iPhone is unable to determine battery health. An Apple Authorized Service Provider can service the battery."


"iPhone ini tidak dapat menentukan kesehatan baterai. Penyedia Servis Resmi Apple dapat melakukan servis pada baterai."


Pesan ini artinya, iPhone tidak bisa membaca kesehatan baterai karena komponen baterai yang sudah tidak asli atau pernah diganti sebelumnya dengan komponen baterai dan alat yang tidak resmi dari Apple.

Apabila baterai berfungsi dengan normal, pengguna dapat mengabaikan pesan ini.

Tidak Dapat Memverifikasi Keaslian Baterai

"Unable to verify this iPhone has a genuine Apple battery. Health information not available for this battery."


"Tidak dapat memverifikasi keaslian baterai Apple pada iPhone ini. Informasi kesehatan tidak tersedia untuk baterai ini."


Pesan ini muncul khusus di iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, dan lebih baru lainnya.

Arti pesan ini hampir sama seperti sebelumnya, yakni iPhone tidak dapat memverifikasi keaslian baterai karena kemungkinan besar sudah pernah diganti sebelumnya.

Penutup...

Bagaimana sudah tahu kan arti dari Important Battery Message atau Pesan Baterai Penting?

Bagi yang battery health-nya telah berkurang drastis, mengganti baterai ke yang baru akan membuat daya tahan baterai iPhone kembali awet. Tetapi supaya battery health bisa terbaca kalian bisa menggantinya melalui layanan resmi dari Apple.

Sedangkan bagi yang ternyata baterai di iPhone-nya tidak asli, kalian dapat mengabaikan pesan ini selama iPhone kalian berfungsi dengan normal.