Cara Cek Battery Health iPad

Battery Health atau Kesehatan Baterai merupakan fitur yang digunakan untuk memantau kesehatan komponen Baterai. Sebab seperti yang diketahui bahwa Baterai sendiri merupakan komponen habis pakai yang kemampuannya akan menurun seiring dengan waktu dan penggunaan.

Salah satu dampak dari menurunnya Battery Health adalah penggunaan yang terasa semakin boros karena baterai kehilangan kemampuan untuk mengisi daya hingga penuh sesuai kapasitas aslinya.


Nah, khusus bagi kalian pengguna iPad, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara untuk cek Battery Health di iPad kalian.

Cara Cek Battery Health iPad

Perlu diketahui bahwa untuk saat ini fitur Battery Health sayangnya eksklusif hanya dimiliki oleh iPhone saja, sedangkan iPad maupun iPod touch tidak memilikinya.

Namun tidak perlu khawatir, sampai Apple membawa fitur tersebut ke iPad, kalian dapat memanfaatkan aplikasi 3uTools atau coconutBattery atau melihat status Battery Health di iPad.

Kalau begitu, langsung saja ikuti cara-caranya di bawah berikut ini.

Cara Cek Battery Health iPad dengan 3uTools atau coconutBattery

1. Pertama siapkan terlebih dahulu hal-hal berikut:

  • Komputer, Laptop, atau Mac
  • Kabel data
  • Koneksi internet
  • Khusus pengguna Windows pastikan telah menginstall aplikasi iTunes

2. Jika sudah, bagi pengguna Windows silakan download aplikasi '3uTools' sedangkan pengguna Mac gunakan aplikasi 'coconutBattery'


3. Selanjutnya, silakan sambungkan iPad dengan kabel data ke komputer lalu buka aplikasi 3uTools atau coconutBattery

4. Untuk pengguna 3uTools silakan perhatikan menu 'Battery Life' (klik menu Details untuk info lebih lengkap), sedangkan pengguna coconutBattery masuk ke menu iOS device lalu lihat persentase di bawah menu 'Design Capacity'


Bagaimana mudah bukan? untuk sekarang ini, kedua aplikasi di atas merupakan alternatif untuk mengetahui Battery Health di iPad.

Berapa Battery Health yang Masih Bagus dan yang Sudah Perlu Diganti?


Secara umum 80% adalah batas minimal Battery Health yang direkomendasikan. Di bawah itu komponen baterai mungkin perlu untuk segera diganti untuk mengembalikan fungsi normal baterai.

Semakin rendah Battery Health semakin boros juga baterai tersebut. Apabila dibiarkan terus menurun, bukan tidak mungkin baterai akan drop atau habis tiba-tiba, sulit dicharge, cepat panas, dan yang terparah iPad tidak mau menyala sama sekali atau stuck di logo Apple.

Cara Merawat Baterai agar Tetap Awet


Mencegah penurunan Battery Health adalah hal yang cukup mustahil, sebab kembali lagi bahwa baterai adalah komponen yang memiliki usia pemakaian.

Satu-satunya hal yang dapat dilakukan saat ini adalah dengan melakukan perawatan untuk mencegah agar penurunannya tidak terjadi dengan cepat.

Bagaimana caranya?

  • Hindari panas berlebih pada iPad
  • Gunakan charger yang asli dan berkualitas
  • Hindari menggunakan iPad hingga baterainya benar-benar habis
  • Segera charge iPad ketika baterai telah menyentuh sekitar angka 10%
  • Hindari membiarkan iPad dicharge hingga 100% terus-menerus dalam waktu yang lama
  • Bila sedang tidak benar-benar diperlukan, disarankan untuk membatasi charge hingga 80% saja
  • Hindari menggunakan iPad secara berlebihan ketika sedang dicharge

Penutup...

Berapa Battery Health di iPad kalian? normalnya, Battery Health sendiri akan turun ke 80% dalam waktu sekitar 2 atau 3 tahun penggunaan normal.

Jika sudah turun parah dan terasa dampak boros atau yang berkaitan dengan baterai lainnya, jangan ragu untuk mengganti baterai iPad tersebut ke yang baru ya di authorized service center Apple atau layanan perbaikan profesional lainnya.