Cara Menghilangkan Mata Kucing di iPhone

Tidak jarang ketika mengambil foto dalam keadaan gelap yang dibantu dengan Flash, muncul efek 'Mata Kucing' atau mata yang mengeluarkan cahaya terang (biasanya berwarna merah atau putih).


Nah, untuk menghilangkan efek mata kucing itu sendiri caranya sangatlah mudah. Pengguna iPhone tidak perlu download aplikasi tambahan lagi, sebab aplikasi Foto bawaan iPhone sendiri telah menyediakan fitur untuk mengilangkan efek 'Mata Kucing' tersebut.


Kalau begitu, langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut ini.

Cara Menghilangkan Mata Kucing di iPhone

1. Buka aplikasi Foto bawaan iPhone lalu buka foto yang terdampak efek 'Mata Kucing'

2. Selanjutnya tap pada menu Edit


3. Kemudian tap lagi icon bergambar mata seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah berikut


4. Jika sudah, silakan tap pada seluruh mata yang terdampak efek 'Mata Kucing'


Saat proses ini berlangsung, iPhone mungkin akan kesulitan dan gagal mendeteksi adanya 'Mata Kucing'.

Triknya, silakan zoom in (perbesar) atau zoom out (perkecil) area 'Mata Kucing' pada foto hingga iPhone dapat mendeteksi dan menghilangkannya.

5. Terakhir, tap tombol Selesai untuk menyimpan hasilnya


Bagaimana gampang kan? meski begitu dalam beberapa kasus setelah efek mata kucing dihilangkan, warna pada mata agak sedikit berbeda dengan yang aslinya alias tidak sempurna menyatu.

Setidaknya hal ini lebih baik dari pada berwarna merah atau menyala, bukan?

Penutup...

Efek 'Mata Kucing' ini umumnya terjadi saat mengambil Foto dengan Flash dalam kondisi pencahayaan sekitar yang sangat gelap.

Untuk menghindari efek 'Mata Kucing' sebisa mungkin untuk memastikan kondisi sekitar memiliki cukup cahaya yang terang, beri jarak yang agak jauh, atau hindari melihat langsung ke arah kamera.

Khusus pengguna iPhone 11 atau lebih baru, kalian bisa menonaktifkan cahaya Flash dan menggunakan 'Mode Malam' (iPhone secara otomatis akan menggunakan Mode Malam saat mendeteksi pencahayaan yang gelap).

Baca Juga: