Cara Mengatasi iPhone 13, 13 mini, dan 13 Pro Tiba-Tiba Mati Total

iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max merupakan salah satu jajaran iPhone terbaik yang pernah dirilis oleh Apple. Namun, tidak jarang pengguna jajaran iPhone 13 yang melaporkan bahwa iPhone mereka yang tiba-tiba tidak mau menyala sama sekali atau mati total.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mudah Mengatasi iPhone 13, 13 mini, dan 13 Pro yang Tiba-Tiba Mati Total


Nah, jika kalian beruntung umumnya iPhone yang mati total tersebut hanya mengalami bug, hang, atau stuck. Dalam arti iPhone tidak mau merespon sama sekali karena kesalahan pada sistem, bukan mati total akibat kerusakan pada mesin atau komponen lainnya.

Kerusakan akibat kesalahan sistem ini cukup sering terjadi dan untuk mengatasinya cukup mudah. Kalian hanya perlu melakukan metode Force Restart untuk mengulang kembali sistem iPhone secara paksa.

Berikut cara-caranya untuk melakukan Force Restart di jajaran iPhone 13. (*lakukan dalam tempo perpindahan antar tombol dengan agak cepat)

  1. Tekan tombol Volume Atas lalu segera lepas
  2. Tekan tombol Volume Bawah lalu segera lepas
  3. Tekan dan Tahan terus tombol Power/Lock sekitar 10 hingga 15 detik sampai iPhone menyala atau menampilkan logo Apple (restart)

Apabila belum berhasil coba lakukan langkah di atas hingga sebanyak 2 atau 3 kali disertai iPhone dalam keadaan dicharge.

Selain itu coba juga untuk meninggalkan iPhone selama beberapa jam dalam keadaan dicharge (pastikan charger berfungsi), setelah itu coba cara-cara di atas kembali.

Bagi yang berhasil dengan cara di atas alias iPhone mau menyala lagi, selamat! untuk mencegah hal serupa terulang kalian dapat secara rutin update ke iOS versi terbaru yang tersedia.

Jika tidak, lanjutkan cara di bawah berikut ini.

Port Charger iPhone Kotor

Port Charger atau lubang charger pada iPhone yang kotor atau kemasukkan benda yang dapat menyebabkan korsleting, tidak menutup kemungkinan membuat iPhone tidak mau menyala.

Disarankan untuk memastikan bahwa tidak ada kotoran yang menyumbat di luabng port Charger iPhone. Jika ada, silakan bersihkan secara perlahan dengan bahan yang tidak menghantarkan listrik, yang terbaik contohnya tusuk gigi kayu.

iPhone Masih Tidak Mau Menyala

Sudah mencoba cara-cara di atas berulang kali namun tidak mau menyala juga?

Pertama-tama, pastikan terlebih dahulu apakah iPhone yang tidak mau menyala tersebut terjadi setelah mengalami benturan keras (terjatuh) atau kemasukkan air? jika ya, kerusakan, kendur, atau korsleting pada salah satu komponen dalam iPhone termasuk layar (terutama apabila pecah/retak), besar kemungkinan yang menyebabkan iPhone mati total.

Namun, apabila iPhone tiba-tiba mati total tanpa penyebab yang jelas, hal ini juga tidak menutup kemungkinan diakibatkan oleh kerusakan pada salah satu komponen iPhone.

Ya, sekali lagi tidak ada yang tahu dengan pasti usia dan keandalan komponen elektronik. Kerusakan bisa terjadi kapanpun bahkan tanpa sebab yang jelas. Itulah mengapa 'garansi' adalah hal yang cukup penting diperhatikan untuk setiap barang elektronik terutama yang bernilai tinggi.

Garansikan atau Diperbaiki

Terakhir, apabila seluruh cara-cara sudah dicoba namun iPhone tidak menunjukkan gejala akan hidup. Silakan garansikan jika masih dalam masa garansi.

Tetapi jika sudah tidak, disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke authorized service center Apple atau jasa perbaikan profesional lainnya yang sudah terpercaya, agar nantinya dapat dicek lebih lanjut penyebab kerusakan iPhone serta solusi mengatasinya.