Cara Menghilangkan App Library di iPhone dan iPad

Cukup banyak pengguna iPhone maupun iPad yang bertanya-tanya, bagaimana sih cara menyembunyikan atau menghilangkan App Library atau Perpustakaan App di iPhone dan iPad?

App Library atau Perpustakaan App sendiri adalah fitur yang pertama kali diperkenalkan oleh Apple melalui iOS 14. Setiap aplikasi yang ada di iPhone atau iPad kalian akan ditata secara rapih berdasarkan kategori, sehingga mudah diakses dan ditemukan dalam satu tempat layaknya rak buku.

Namun, tidak sedikit pengguna yang tidak menyukai keberadaan App Library atau Perpustakaan App tersebut. Lalu bagaimana cara menghilangkan atau menyembunyikannya?

Cara Menghilangkan App Library di iPhone dan iPad


Sayangnya untuk saat ini App Library atau Perpustakaan App pada iPhone dan iPad tidak dapat dihilangkan atau disembunyikan. Apple tidak memberikan pengaturan atau pilihan yang dapat digunakan melakukannya.

Meski begitu, karena keberadaannya terbilang cukup tersembunyi yakni terletak di bagian paling kanan halaman utama (home screen), kalian bisa mengabaikannya saja atau meminimalisir fungsi dari App Library tersebut.

Salah satu contoh meminimalisir tersebut seperti mengatur agar aplikasi yang di-download tidak tampil di App Library saja, melainkan muncul juga di home screen.


Aplikasi Yang Di-download Tidak Tampil di Home Screen
 
Terkadang tidak jarang ditemukan bahwa aplikasi yang kalian download hanya tampil di App Library saja, sehingga mau tidak mau kalian harus memindahkannya secara manual ke home screen.

Namun tidak perlu khawatir, kalian dapat mengatur agar aplikasi yang di-download secara otomatis akan tampil di home screen juga. Berikut cara-cara mengaturnya:

1. Buka aplikasi Pengaturan

2. Masuk ke menu Layar Utama

3. Kemudian pilih menu Tambah ke Layar Utama


Hati-Hati Menghapus Aplikasi di App Library

Ingat, aplikasi yang ada di App Library atau Perpustakaan App bukanlah sebuah pintasan belaka, melainkan merepresentasikan aplikasi yang ada di iPhone dan iPad kalian.

Menghapus aplikasi yang ada di App Library juga akan menghapus aplikasi tersebut secara total dari iPhone atau iPad kalian.

Penutup...

Nah, bagaimana menurut kalian sendiri? ya... setidaknya sampai postingan ini ditulis kalian masih belum bisa menghilangkan, menyembunyikan, ataupun menghapus App Library atau Perpustakaan App dari iPhone dan iPad.

Kita berharap saja untuk update iOS/iPadOS ke depannya Apple mau menghadirkan pilihan yang dapat digunakan untuk menghilangkan halaman App Library atau Perpustakaan App di iPhone dan iPad.