Fungsi Magnifier atau Pembesar di iPhone dan iPad

Tidak sedikit pengguna iPhone dan iPad yang mungkin bingung mengenai fungsi dari aplikasi maupun pintasan "Magnifier" atau "Pembesar". Menu ini muncul sejak update iOS 15 dan iPadOS 15.


Lalu sebenarnya, apa sih fungsi dari dari Magnifier/Pembesar di iPhone dan iPad tersebut?

Fungsi Magnifier atau Pembesar di iPhone dan iPad

Magnifier atau Pembesar pada iPhone dan iPad berfungsi layaknya "kaca pembesar" untuk melihat atau mengambil foto objek dari jarak jauh menggunakan kamera. Sederhananya seperti kalian menggunakan kamera biasa dengan fitur Zoom, namun dengan alat atau fitur penunjang yang lebih lengkap dan praktis.

Fitur ini cocok digunakan apabila kalian ingin melihat objek tulisan terutama dari jarak jauh yang sulit terlihat, atau sekedar ingin melihat objek di area yang gelap dengan kamera dan cahaya flash. Semua dapat diakses secara cepat dan praktis melalui fitur Magnifier/Pembesar ini.

Beragam fitur dan menu lengkap sebagai penunjang

Terdapat beragam fitur penunjang tambahan yang bisa kalian gunakan seperti flash, kontras, filter, dan lain sebagainya.

Cara Mengakses Magnifier/Pembesar

1. Akses Melalui Control Center/Pusat Kontrol

Menu Magnifier/Pembesar ini dapat diakses melalui Control Center (icon kaca pembesar). Jika tidak ada silakan tambahkan secara manual.

Berikut caranya:
  1. Buka aplikasi Pengaturan
  2. Masuk ke menu Control Center
  3. Lalu tap icon "+" di samping menu Magnifier/Pembesar


Terakhir silakan cek Control Center di iPhone kalian.

2. Akses Melalui Pencarian atau App Library

Cukup mudah, silakan buka pencarian iPhone lalu masukkan kata kunci "Magnifier" atau "Pembesar". Contohnya seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah berikut.


Selain itu kalian juga dapat menemukannya melalui menu App Library atau Perpustakaan App yang terletak di halaman paling kanan home screen.

3. Akses Menggunakan Pintasan Aksesibilitas

Cara selanjutnya, silakan tekan 3 kali tombol Power/Lock (atau tombol Home) untuk mengaksesnya secara cepat. Namun sebelum itu, kalian harus mengaturnya terlebih dahulu.

Berikut caranya:
  1. Buka aplikasi Pengaturan
  2. Masuk ke menu Akesibilitas kemudian pilih menu Pintasan Akesibilitas
  3. Jika sudah silakan pilih menu Pembesar


Sekarang silakan tekan 3 kali tombol "Home" atau "Power/Lock" dan menu Pembesar/Magnifier akan segera terbuka.

Penutup...

Nah, bagaimana mudah, bukan? sudah tau fungsi dari Magnifier atua Pembesar di iPhone dan iPad?

Mungkin kebanyakan dari kalian jarang sekali menggunakan fitur ini. Meski begitu bagi yang sering kesulitan melihat atau sekedar ingin mengetahui objek seperti tulisan dari jarak jauh, fitur ini patut jadi pertimbangan.

Kualitas zoom sangat dipengaruhi oleh kualitas kamera. Akan lebih baik jika iPhone kalian memiliki kamera Optical Zoom tersendiri seperti yang ada pada iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max, dan seterusnya.