Cara Mematikan, Screenshot, Force Restart iPad Air 5

Bagi pengguna yang belum mengetahuinya, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara mematikan, screenshot, hingga force restart di iPad Air 5 (generasi ke-5). Sebab ketiga cara tersebut merupakan pengetahuan dasar yang wajib diketahui pemilik gadget.


Baik, tanpa banyak basa-basi lagi, langsung saja ikuti cara-caranya di bawah berikut ini.

Cara Screenshot iPad Air 5
  • Tekan dan Tahan tombol Lock bersamaan dengan tombol Volume Atas secara bersamaan hingga muncul bunyi jepretan atau kilatan cahaya pada layar
  • Hasil screenshot akan tersimpan dalam aplikasi galeri Foto iPad

Untuk screenshot tanpa tombol kalian dapat memanfaatkan AssistiveTouch yang bisa diaktifkan melalui aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh > AssistiveTouch.

Cara Mematikan iPad Air 5
  • Tekan dan Tahan tombol Lock bersamaan dengan tombol Volume Bawah atau Volume Atas (pilih salah satu) hingga muncul menu untuk mematikan iPad
  • Jika sudah silakan geser icon power ke arah kanan layar untuk mengkonfirmasinya
  • Untuk menyalakan kembali iPad silakan Tekan dan Tahan terus tombol Lock hingga iPad menyala

Apabila kalian ingin mematikan iPad tanpa tombol, kalian bisa mengakses aplikasi Pengaturan > Umum kemudian pilih menu Matikan.

Atau, kalian juga bisa menggunakan "AssistiveTouch" yang bisa diaktifkan melalui Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh > AssistiveTouch.

Cara Force Restart (Restart Paksa) iPad Air 5

iPad tiba-tiba mati, tidak merespon, atau terdapat masalah lainnya yang diyakini diakibatkan oleh bug pada sistem? maka metode Force Restart atau Restart Paksa adalah hal yang wajib diketahui.

Dengan Force Restart iPad akan memulai ulang sistem secara paksa. Hal ini berguna untuk memperbaiki beragam masalah terkait bug atau hanya sekedar ingin restart dengan cepat saja.

Berikut cara-caranya:
  • Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
  • Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
  • Kemudian Tekan dan Tahan tombol Lock hingga iPad mati dan menampilkan logo Apple (Restart)

Metode Force Restart ini hanya bisa dilakukan melalui tombol.

Penutup...

Nah, bagaimana menurut kalian mudah, bukan?

Sebenarnya cara-cara ini sama saja dengan cara yang digunakan untuk iPad Air 4, iPad Pro, iPad mini 6, dan iPhone 8 atau lebih baru. Yang berbeda hanyalah penempatan tombolnya saja.

Oke, itu saja informasi cara mematikan, screenshot, dan force restart iPad Air 5. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!