Apa Fungsi Selang Waktu di Kamera iPhone?

Di dalam aplikasi Kamera iPhone terdapat fitur atau mode Selang Waktu. Nah, sebagian besar pengguna mungkin belum mengetahui fungsi dari fitur tersebut.

Maka dari itu pada postingan kali ini Admin akan membagikan informasi seputar fitur Selang Waktu dan bagaimana cara menggunakannya.

Apa Fungsi Selang Waktu di Kamera iPhone?


Selang Waktu atau Time-Lapse adalah salah satu fitur pada aplikasi Kamera iPhone yang berfungsi untuk merekam momen dalam jangka waktu lama, yang kemudian dipersingkat sehingga menghasilkan video berdurasi sangat pendek dan cepat.

Sederhananya, fitur ini adalah kebalikan dari Slow Motion yang berfungsi untuk mengambil rekaman video lambat.

Contoh hasil dari fitur selang waktu bisa kalian lihat melalui video di bawah berikut:


Cara kerja dari fitur ini sebenarnya cukup sederhana, yakni kamera akan menangkap tampilan atau yang disebut juga sebagai frame dengan kecepatan yang sangat rendah, sekitar 1 - 2 frame-per-detik (fps), kemudian menggambungkan frame yang ditangkap tersebut menjadi suatu video (biasanya video dengan kecepatan 30 frame-per-detik).

Cara Menggunakan Fitur Selang Waktu

Fitur Selang Waktu sangat cocok untuk merekam momen dalam dengan tempo waktu yang lama, misalnya seperti pergerakan awan, suasana dari pagi hingga malam, aktivitas tertentu, perubahan bentuk, dan lain sebagainya.

Berikut cara menggunakan fitur Selang Waktu di iPhone.

1. Buka aplikasi Kamera iPhone

2. Kemudian usap ke arah kanan dan pilih mode Selang Waktu atau Time-Lapse

3. Jika sudah tap tombol Rekam untuk mulai merekam

Karena fitur ini cukup menguras baterai, disarankan untuk menyambungkan iPhone ke pengisian daya selama proses perekaman berlangsung. Agar lebih mudah diatur dan diletakkan, silakan gunakan Tripod khusus untuk smartphone.

Penutup...

Bagaimana, sudah tau kan fungsi dari fitur Selang Waktu di kamera iPhone?

Bagi pengguna iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max, atau lebih baru lainnya, kalian juga bisa menggunakan mode selang waktu dengan fitur macro. Yakni merekam tampilan objek yang sangat kecil.

Oke, itu saja informasi soal fungsi selang waktu di kamera iPhone yang dapat admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!