Cara Mematikan Suara Screenshot iPhone

iPhone sendiri secara otomatis akan mengeluarkan suara seperti jepretan foto saat mengambil screenshot.

Mungkin ada di antara pengguna yang agak risih dengan suara jepretan tersebut, sebab tidak jarang suara ini akan menarik perhatian orang sekitar yang mengira bahwa pengguna seperti sedang memfoto dirinya atau sesuatu di sekitarnya.


Nah, maka dari itulah pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara mematikan suara screenshot di iPhone.

Kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut ini.

Cara Mematikan Suara Screenshot iPhone

Untuk mematikan suara screenshot pengguna cukup mengaktifkan mode Hening/Silent di iPhone. Selain itu perlu diketahui juga bahwa mengecilkan suara melalui tombol Volume tidak akan menghilangkan suara Screenshot, jadi sementara harus mengaktifkan mode Hening/Silent.

Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini:

1. Mode Hening/Silent dapat diaktifkan/nonaktifkan melalui tombol yang ada di bagian samping kiri atas iPhone, contohnya bisa kalian lihat melalui gambar di bawah berikut:

sumber gambar: support.apple.com

2. Apabila sudah ketemu silakan ubah posisi tombol tersebut ke arah belakang (tampil garis orange)

Sumber Gambar: support.apple.com

3. Jika sudah maka iPhone secara otomatis akan mengaktifkan mode Hening/Silent


4. Terakhir silakan coba ambil kembali Screenshot di iPhone kalian dan lihat hasilnya!

Namun ingat, setelah selesai Screenshot silakan nonaktifkan kembali mode Silent/Hening tersebut, jika tidak maka notifikasi ataupun panggilan masuk tidak akan mengeluarkan suara.

Khusus iPad

Bagi pengguna iPad untuk mengaktifkan mode Silent di iPad silakan akses Control Center dan tap icon "Lonceng" seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah berikut:


Baca Juga: Cara Mute/Silent Suara iPad, mini, Air, dan Pro

Melalui AssistiveTouch

Nah, selain melalui tombol di atas kalian juga dapat mengaktifkan mode Hening/Silent ini melalui AssistiveTouch.

Bagi yang belum tahu, AssistiveTouch adalah menu aksesibilitas di iPhone yang digunakan sebagai pintasan ke beragam fitur seperti mengatur volume, mengaktifkan mode hening/silent, screenshot, restart, dan lain sebagainya.

Berikut cara mengaktifkan AssistiveTouch:

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone/iPad

2. Kemudian masuk ke menu Aksesibilitas > Sentuh > AssistiveTouch

3. Sekarang silakan aktifkan menu AssistiveTouch


Jika sudah akan muncul menu kotak atau bulat melayang di layar iPhone/iPad kalian. Selanjutnya silakan tap pada menu tersebut tepatnya AssistiveTouch, lalu masuk ke menu Perangkat kemudian tap pada menu "Bisukan" untuk mengheningkan/silent suara iPhone maupun iPad.


Kalian dapat memindahkan AssistiveTouch ke area pinggir manapun di layar. AssistiveTouch sendiri akan membuat dirinya lebih transparan ketika sedang tidak digunakan.

Penutup...

Bagaimana mudah bukan? kalau begitu, sekian informasi cara mematikan suara screenshot di iPhone dan iPad yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!