Cara Restart dan Force Restart Apple Watch

Bagi pengguna Apple Watch mulai dari series 1, series 2, series 3, series 4, series 5, series SE, series 6, ataupun series 7 dan lebih baru. Pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara melakukan Restart hingga Force Restart atau Restart Paksa.


Apa Bedanya Restart dan Force Restart?

Restart sendiri adalah metode untuk mengulang kembali perangkat yang umumnya dapat dengan mudah dilakukan melalui menu yang sudah tersedia. Sederhananya, kalian cukup mematikan perangkat seperti biasa kemudian menyalakannya kembali.

Namun, di satu sisi terkadang perangkat yang bermasalah tersebut tidak mau merespon apapun. Nah, di sinilah peran penting metode Force Restart.

Force Restart atau Restart Paksa adalah metode yang digunakan untuk mengulang kembali perangkat, dalam arti mematikannya kemudian menyalakannya kembali secara paksa. Tujuan utama dari cara ini adalah untuk mengatasi beragam masalah serius seperti perangkat tidak mau merespon apapun, tidak bisa dimatikan, atau bahkan tidak bisa dihidupkan.

Cara Restart Apple Watch

Untuk me-restart Apple Watch secara normal, berikut caranya:

1. Tekan dan Tahan terus tombol Samping di Apple Watch (yang berbentuk panjang)


2. Apabila sudah muncul menu untuk mematikan Apple Watch berikut

3. Silakan usap menu "Power Off" atau "Daya Mati" ke arah kanan untuk mengkonfirmasinya


4. Terakhir, apabila Apple Watch sudah mati silakan nyalakan kembali dengan cara yang sama seperti cara pertama di atas

Apabila Apple Watch sudah menyala maka proses Restart telah berhasil dilakukan.

Namun, apabila Apple Watch tidak merespon apapun atau sekedar hanya ingin prosesnya agar lebih cepat, kalian bisa menggunakan metode Force Restart di bawah berikut.

Cara Force Restart Apple Watch

Cara Force Restart atau Restart Paksa di Apple Watch tergolong lebih sederhana dan lebih mudah dilakukan. Kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut ini:

  • Tekan dan Tahan tombol Samping dan tombol Digital Crown (bulat) secara bersamaan sekitar 10 - 15 detik, hingga Apple Watch mati dan menampilkan logo Apple.


Setelah melakukan Force Restart biasanya masalah yang berhubungan dengan bug pada sistem yang terjadi sebelumnya, akan langsung teratasi.

Namun, apabila setelah Force Restart Apple Watch masih tetap bermasalah seperti tidak mau disentuh atau merespon apapun bahkan masih mati total. Kemungkinan Apple Watch tersebut mengalami kerusakan yang berhubungan dengan hardware atau perangkat keras.

Jika begitu, disarankan untuk bawa Apple Watch tersebut ke authorized service center Apple di Indonesia, agar dapat dicek penyebab kerusakannya serta solusi untuk memperbaikinya.

Penutup...

Baik, itu saja informasi seputar cara restart dan force restart di Apple Watch yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.