Apakah iPad ada NFC?

NFC atau Near Field Communication merupakan teknologi sambungan jarak dekat yang banyak dipakai untuk beragam keperluan khususnya transaksi atau transfer data.

Banyak smartphone termasuk iPhone yang telah mendukung NFC sejak lama. Namun bagaimana dengan iPad, apakah iPad, iPad mini, iPad Air, serta iPad Pro ada atau punya fitur NFC? berikut jawabannya.

Apakah iPad ada NFC?


Sayangnya untuk saat ini belum ada satupun iPad yang ada atau memiliki fitur NFC.

Entah apa alasan pastinya, namun mengingat ukurannya yang besar (mobilitas rendah) serta fiturnya yang terbatas, mungkin hal inilah yang menyebabkan mengapa iPad sampai saat ini tidak disertai fitur NFC.

Untuk ke depannya kita berharap saja bahwa iPad juga memiliki fitur NFC sama seperti smartphone lainnya.

Apakah iPhone ada NFC?


iPhone sudah memiliki fitur NFC sejak iPhone 6. Namun, NFC di beberapa iPhone lama fungsinya terbatas. Selengkapnya bisa kalian baca di sini: Daftar iPhone yang Ada NFC-nya

Jadi, bagi yang menginginkan iPad namun terhalang absennya fitur NFC, saat ini sudah banyak iPhone berukuran besar yang memiliki NFC yang bisa menjadi alternatif iPad.

Namun, semua kembali lagi ke keinginan dan kebutuhan masing-masing.

Penutup...

Nah, bagaimana menurut kalian soal absennya NFC di iPad? apakah Apple seharusnya memberikan fitur NFC di iPad? Tinggalkan pendapat kalian melalui kolom komentar di bahwa ya.