Cara Screenshot di iPad dengan Apple Pencil

Mengambil screenshot di iPad dapat dilakukan melalui beragam cara, mulai dari menekan kombinasi tombol, melalui menu di AssisitveTouch, perintah suara Siri, hingga yang banyak belum diketahui yakni melalui Apple Pencil.


Ya, bagi pengguna iPad kalian bisa mengambil screenshot di iPad dengan mudah menggunakan Apple Pencil. Menarik, bukan?

Kalau begitu tanpa banyak berbasa-basi lagi, langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Screenshot di iPad dengan Apple Pencil

1. Siapkan Apple Pencil di tangan kalian

2. Kemudian dengan Apple Pencil silakan gesek bagian "pojok bawah kiri" layar iPad ke arah atas-tengah (diagonal)

3. Seketika screenshot akan terambil. Kalian bisa mengedit screenshot atau tap Selesai lalu pilih menu Simpan untuk langsung menyimpannya.

Menggesek dari arah kanan bawah secara otomatis akan membuka akses cepat ke catatan baru. Kalian bisa mengatur atau mengubahnya melalui aplikasi Pengaturan > Apple Pencil > Gesek Pojok Kanan.

Screenshot dengan AssistiveTouch

Bagi yang belum tahu saja bahwa selain melalui Apple Pencil kalian juga bisa memanfaatkan pintasan aksesbilitas "AssistiveTouch" untuk mengambil screenshot tanpa tombol.

Bagi yang tertarik langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut ini.

1. Pertama silakan aktifkan AssistiveTouch terlebih dahulu melalui aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh > AssitiveTouch.

2. Kemudian buka menu AssitiveTouch berbentuk kotak yang muncul pada layar.

3. Selanjutnya pada AssitiveTouch pilih menu Perangkat > Lainnya lalu pilih menu "Jepretan Layar" untuk mengambil screenshot.

Penutup...

Nah, bagaimana menurut kalian, mudah bukan?

Metode screenshot di atas mungkin agak sedikit penting untuk diketahui bagi pengguna yang sering menggunakan Apple Pencil, setidaknya untuk mempersingkat waktu mengambil screenshot.

Oke, itu saja informasi cara screenshot di iPad dengan menggunakan Apple Pencil. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.