Status Jailbreak iOS/iPadOS 15.4.1 untuk iPhone dan iPad

Apple kembali merilis update iOS/iPadOS 15.4.1 dengan beragam perbaikan bug termasuk baterai iPhone yang menjadi lebih boros.


Di sisi lain bagi yang baru saja menginstall update iOS/iPadOS 15.4.1 dan terpikirkan untuk mendapatkan akses jailbreak, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui.

Status Jailbreak iOS/iPadOS 15.4.1

Sejauh ini Apple sudah cukup berhasil dalam mencegah akses jailbreak di perangkatnya. Terbukti, sejak iOS 15 dirilis hingga saat ini belum ada satupun aplikasi jailbreak yang benar-benar tersedia untuk publik. Termasuk jailbreak untuk iOS/iPadOS 15.4.1.

Satu-satunya harapan jailbreak bagi pengguna iOS 15 saat ini datang dari aplikasi Checkra1n yang kemungkinan akan segera menghadirkan dukungannya tahun ini. Namun, terbatas untuk iPhone 6S hingga iPhone X saja.

Checkra1n sendiri adalah aplikasi jailbreak yang memanfaatkan exploit bootrom (checkm8) yang ada pada iPhone 5S hingga iPhone X. Karena bersifat "hardware-based" exploit ini tidak dapat dipatch oleh Apple sehingga perangkat yang terdampak memiliki potensi besar untuk mendapatkan akses jailbreak pada iOS versi berapapun.

Di sisi lain developer aplikasi jailbreak Electra, Chimera, dan Oddysey yakni "Coolstar" sepertinya juga akan merilis jailbreak pertama kalinya untuk iOS 15, namun lagi-lagi terbatas pada iOS 15.0 hingga iOS 15.1.1 saja.

Haruskah Menunggu?

Tergantung apa tujuan kalian ingin melakukan jailbreak di iPhone atau iPad, namun saat ini sepertinya akan sulit mendapatkan akses jailbreak dalam waktu yang dekat. Terutama apabila ternyata iPhone atau iPad kalian berada di versi iOS yang lebih baru seperti iOS 15.4.1.

Akses jailbreak sendiri semakin hari semakin sulit diraih dan mungkin menghilangkan harapan sebagian besar pengguna. Apalagi dalam waktu beberapa bulan ke depan Apple akan segera merilis update iOS 16 yang diharapkan mampu membawa perubahan yang signifikan.

Jadi, bagi yang berada di iOS 15.4.1 terutama bagi pengguna iPhone XR dan lebih baru, mungkin melupakan akses jailbreak untuk sementara waktu adalah pilihan yang tepat. Tetapi, jika kalian benar-benar menginginkan akses jailbreak, kalian bisa bertahan pada versi iOS serendah mungkin dan menunggu hingga kejutan informasi yang akan datang nantinya.

Penutup...

Sebagai penutup, bagi yang benar-benar menginginkan akses jailbreak bertahanlah pada iOS versi terendah serendah mungkin.

Sedangkan bagi yang berada di iOS versi paling terbaru, khususnya perangkat yang tidak didukung oleh aplikasi jailbreak "Checkra1n" seperti iPhone XR, XS, SE 2, 11, 12, 13, dan SE 3, sepertinya melupakan akses jailbreak untuk sementara waktu adalah pilihan yang tepat.

Terus nantikan update ketersediaan jailbreak terbaru melalui halaman berikut: Status Jailbreak