Apa itu MFi Certified pada Aksesoris iPhone?

Pada aksesoris iPhone seperti adaptor charger, kabel charger, kabel converter, earphone, dll., seringkali kita menemukan label MFi Certfied.

Lalu, apa sih arti dan maksud dari MFI Certified atau sertifikat MFi? dan apa saja kelebihan serta   kekurangannya?

Apa itu MFi Certified?


MFi Certified atau Sertifikat MFi (MFi = Made For iPhone/iPad/iPod touch) adalah program sertifikasi yang menandakan bahwa aksesoris tersebut sudah diverifikasi oleh Apple sehingga kompatibel dan dapat digunakan dengan aman untuk iPhone, iPad, dan iPod touch.

Sertifikasi MFi tersebut secara khusus merujuk pada aksesoris yang memiliki sambungan konektor Lightning seperti charger, kabel charger, kabel converter, earphone, dll.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Aksesoris MFi Certified?


Karena sudah diverifikasi oleh Apple sendiri berarti aksesoris tersebut sudah pasti kompatibel (cocok) serta aman digunakan untuk iPhone, iPad, atau iPod touch.

Jadi tidak perlu khawatir kalau aksesoris tersebut tidak kompatibel, cepat rusak, atau bahkan berisiko dapat merusak iPhone, iPad, atau iPod touch kalian.

Kekurangan dari aksesoris MFi mungkin dari segi harga yang lebih mahal dan lebih sulit ditemukan daripada aksesoris yang tidak memiliki sertifikat MFi lainnya.

Bagaimana Cara Mengetahui Aksesoris Sudah MFi Certified?

Selain label yang terdapat pada kemasan aksesoris, kalian bisa memverifikasi datanya melalui website berikut: https://mfi.apple.com/account/accessory-search

Penutup...

Nah, bagaimana sudah tau kan arti MFi pada aksesoris iPhone?

Jadi, sangat disarankan bagi kalian pengguna iPhone, iPad, maupun iPod touch untuk membeli aksesoris kabel atau charger yang sudah bersertifikasi MFi ya.