Apakah Headset iPhone Bisa Dipakai di Android?

Banyak pertanyaan yang sering Admin temukan soal apakah headset iPhone bisa dipakai di smartphone Android seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, dan lain sebagainya.


Bagi yang penasaran apakah bisa atau tidak, langsung saja simak informasinya berikut ini.

Apakah Headset iPhone Bisa Dipakai di Android?

Jawabannya kalian tidak bisa menggunakan headset bawaan iPhone di Android sebab saat ini headset bawaan iPhone sudah menggunakan konektor "Lightning". Sedangkan Android sendiri menggunakan sambungan headset dengan konektor "3.5 mm" atau "USB-C".

Berikut adalah contoh konektor "Lightning" yang dipakai oleh headset bawaan iPhone:


Sebagai informasi saja, sebenarnya dulu headset bawaan iPhone menggunakan konektor 3.5 mm sama seperti yang umum ditemukan pada headset saat ini.

Namun, semenjak Apple menyingkirkan lubang konektor 3.5 mm mulai dari iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, konektor headset bawaan iPhone berubah menggunakan "Lighting" saja.

Jadi faktanya ada headset bawaan iPhone yang bisa dipakai di Android, tapi headset bawaan iPhone 6S, 6, 5S, atau lebih lama.

Sedangkan sejak perilisan jajaran iPhone 12 dan lebih baru, Apple tidak lagi menyertakan headset serta kepala/adapter charger dalam box iPhone. Jadi, headset dan kepala chargernya dijual terpisah ya.

Bisakah Menggunakan Adapter/Converter?

Sayangnya untuk saat ini ketersediaan adapter atau converter untuk mengubah sambungan lightning ke 3.5 mm atau USB-C sangat langka. Bahkan, Admin sendiri belum pernah menemukannya.

Alih-alih menggunakan adapter atau converter yang sangat merepotkan, lebih baik kalian membeli headset lainnya yang lebih berkualitas dari headset bawaan iPhone.

Apakah Headset Bluetooth iPhone (AirPods) Bisa Dipakai di Android?

Jika headset bluetooth yang kalian maksudkan adalah AirPods seperti yang ditampilkan pada gambar di bawah berikut:


Maka jawabannya Android bisa menggunakan AirPods tanpa masalah. Hanya saja beberapa fitur bawaan AirPods seperti Audio Spasial, mode Transparansi, hingga Peredam Kebisingan, mungkin tidak akan berfungsi atau tersedia.

Penutup...

Bagaimana sudah tau apakah headset iPhone bisa dipakai di Android? jawabannya tidak bisa ya, tak terkecuali headset bawaan iPhone 6S atau lebih lama yang masih menggunakan konektor 3.5 mm.

Baik, itu saja informasi seputar apakah headset iPhone bisa dipakai di Android. Apabila ada informasi yang mau ditanyakan jangan ragu langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.