Apakah iPad Bisa Pakai Kartu SIM?

iPad adalah tablet berukuran besar buatan Apple yang umumnya dipakai untuk keperluan media, membaca, menggambar/desain menggunakan pen, mengerjakan beragam tugas dengan bantuan keyboard dan mouse, bermain game, dan lain sebagainya.

Saat ini terdapat 4 model iPad yang beredar di pasaran, mulai dari iPad, iPad mini, iPad Air, dan iPad Pro.

Nah, tidak sedikit pertanyaan dari pengguna soal apakah iPad, iPad mini, iPad Air, maupun iPad Pro bisa pakai kartu SIM? berikut jawabannya...

Apakah iPad Bisa Pakai Kartu SIM?


Ya, seluruh model iPad seperti iPad biasa, iPad mini, iPad Air, dan iPad Pro bisa pakai kartu SIM. Namun begitu, perlu kalian perhatikan bahwa terdapat juga iPad yang tidak bisa memakai kartu SIM.

Saat ini terdapat dua jenis iPad yang bisa dibedakan dari konektivitasnya. Yakni ada yang bisa memakai kartu SIM dan ada yang tidak bisa.

iPad yang bisa pakai kartu SIM memungkinkan kalian mengakses internet melalui layanan yang tersedia di kartu SIM tersebut. Namun, iPad yang tidak bisa pakai kartu SIM hanya bisa mengakses internet menggunakan jaringan WiFi saja.

Dalam dunia jual beli, iPad yang bisa pakai kartu SIM umumya disebut sebagai "iPad Cellular". Sedangkan yang tidak bisa menggunakan kartu SIM umumnya disebut sebagai "iPad WiFi Only".

Kelebihan iPad yang Bisa Pakai Kartu SIM


Kelebihan iPad yang bisa pakai kartu SIM adalah pengguna bisa mengakses internet di mana saja tanpa memerlukan jaringan WiFi.

Namun ingat, iPad yang ada kartu SIM serta iPad yang tidak bisa menggunakan kartu SIM, sama-sama tetap tidak bisa melakukan panggilan telepon layaknya iPhone atau smartphone lainnya ya.

Alih-alih menggunakan panggilan telepon biasa, kalian bisa memanfaatkan aplikasi dengan layanan panggilan video seperti Facetime, Skype, atau aplikasi serupa lainnya untuk melakukan panggilan di iPad.

Penutup...

Nah, bagaimana apakah tertarik ingin membeli iPad yang bisa pakai kartu SIM?

Jika sering bepergian sepertinya iPad yang bisa pakai kartu SIM adalah pilihan yang tepat, bahkan saat ini sudah ada iPad yang telah mendukung penggunaan jaringan 5G. Selengkapnya: Daftar iPad yang Sudah Bisa 5G

Namun jika jarang membawa iPad tersebut ke luar rumah, iPad WiFi Only dapat menjadi pertimbangan yang tepat.

Ingat, selain kapasitas penyimpanan, iPad yang bisa pakai kartu SIM memiliki selisih harga yang terbilang cukup tinggi dibandingkan iPad yang tidak bisa pakai kartu SIM. Jadi, silakan pertimbangkan baik-baik sesuai kebutuhan.