Arti dan Maksud iPhone Belum Dicadangkan dan Cara Mengatasinya

Pernahkah iPhone kalian mendapatkan pesan atau notifikasi yang mengatakan bahwa iPhone belum dicadangkan atau iPhone not backed up? jika begitu pada postingan kali ini Admin akan membahas apa arti dan maksud dari pesan tersebut serta cara untuk mengatasi/menghilangkannya.

Arti dan Maksud iPhone Belum Dicadangkan


Pesan "iPhone Belum Dicadangkan" atau "iPhone Not Backed Up" arti dan maksudnya adalah data-data di iPhone belum dibackup/cadangkan ke iCloud dalam jangka waktu tertentu.

iCloud sendiri dirancang untuk secara otomatis membackup data-data ketika iPhone sedang dicharge, terkunci, dan terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Munculnya pesan tersebut biasanya akibat dari penyimpanan di iCloud yang sudah penuh. Sebab pengguna hanya mendapatkan kapasitas iCloud gratis sebesar 5 GB saja.

Apa itu iCloud?

Saat membuat Apple ID kalian secara otomatis juga akan mendapatkan layanan iCloud yang salah satu fungsi utamanya untuk membackup data, atau sederhananya menyimpan data-data seperti foto, video, catatan, dan kontak yang ada di iPhone ke layanan iCloud secara Online.

Dengan adanya penyimpanan atau pencadangan online tersebut, misalnya apabila sewaktu-waktu kalian ganti iPhone, maka kalian dapat dengan mudah mengembalikan data-data tersebut ke iPhone yang baru.

Bagaimana Cara Mengatasi iPhone Belum Dicadangkan?


Ingin menghilangkan pesan iPhone Belum Dicadangkan atau iPhone Not Backed Up? mudah sekali, berikut adalah cara-cara yang dapat kalian gunakan.

1. Matikan Cadangan iCloud

Jika kalian tidak ingin atau berniat membackup data-data di iPhone ke iCloud, kalian cukup mematikan layanan cadangan iCloud.

Namun tidak perlu khawatir sebab cara-cara ini hanya mematikan cadangan untuk foto dan video, cadangan Apple Watch, informasi Pengaturan, Tata Letak Layar, dll., selengkapnya cek di sini: https://support.apple.com/id-id/HT207428

Cadangan kontak, catatan, riwayat browser safari, data aplikasi, dll., tidak terpengaruh dan tetap akan dibackup. Mengapa? karena pengaturannya berbeda.

Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini:

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Kemudian masuk ke menu "ID Apple, iCloud, Media & Pembelian" > iCloud > Cadangan iCloud


3. Setelah itu silakan matikan menu "Cadangan iCloud"


Sekarang pesan iPhone Belum Dicadangkan atau iPhone Not Backed Up seharusnya sudah hilang. Jika belum, silakan restart iPhone.

2. Tap "OK"

Buka aplikasi Pengaturan iPhone lalu buka menu "iPhone Belum Dicadangkan" atau "iPhone Not Backup Up" kemudian tap tombol "OK".

Meski begitu dengan cara ini biasanya pesan tersebut akan muncul lagi di waktu yang akan datang. Solusinya? silakan gunakan cara yang pertama di atas atau cara ketiga di bawah berikut.

3. Tambah Penyimpanan di iCloud

Apabila penyimpanan di iCloud penuh, pertimbangkan untuk menambah kapasitas penyimpananya. Tentu saja ada harga yang harus dibayarkan tergantung kapasitas penyimpanan yang diinginkan.

Tidak mau membeli penyimapan lebih di iCloud? kalian bisa menghapus data-data yang sudah dibackup melalui menu yang ada di pengaturan iCloud, atau silakan dimatikan saja menggunakan cara yang pertama di atas tadi.

Penutup...

Nah, bagaimana mudah, bukan?

Sejujurnya Admin sendiri tidak menggunakan layanan cadangan iCloud untuk menyimpan data-data berukuran besar seperti foto dan video. Sebab Apple hanya memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 5 GB saja dan sewaktu-waktu bisa penuh dalam waktu singkat.

Sebagai gantinya untuk mencadangkan data berukuran besar khususnya foto dan video, kalian bisa melakukannya secara offline melalui komputer atau aplikasi iTunes.