Cara Mengatasi Baterai iPhone Naik Turun Sendiri

Cukup banyak pengguna yang melaporkan jika baterai di iPhone mereka tiba-tiba naik-turun dengan sendirinya. Hal ini juga terjadi bahkan ketika iPhone sedang dicharge.

Beberapa juga mengatakan bahwa ketika dicharge baterai iPhone malah turun. Ketika dicabut dan didiamkan, kadang naik dengan sendirinya. Cukup aneh, bukan?


Lalu apa sebenarnya yang menyebabkannya serta bagaimana solusi mengatasinya? langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Mengatasi Baterai iPhone Naik Turun Sendiri

Terdapat dua kemungkinan utama yang menyebabkan baterai pada iPhone naik-turun sendiri, yang pertama karena bug pada sistem dan yang kedua pertanda kerusakan komponen baterai.

Untuk mencoba mengatasinya sendiri, kalian bisa mengikuti dulu beberapa cara berikut ini.

1. Restart iPhone

Sederhananya, silakan matikan iPhone kemudian nyalakan kembali. Cara ini ampuh untuk mengatasi beragam bug/kesalahan pada sistem iOS yang mungkin menyebabkan pembacaan daya baterai menjadi tidak akurat.

2. Kalibrasi Baterai


Kalibrasi Baterai adalah proses yang bertujuan agar baterai dapat membaca kapasitasnya dengan benar dan lebih akurat.

Untuk melakukan Kalibrasi Baterai, silakan ikuti cara-cara berikut ini:

  • Charge iPhone sampai 100% dan pastikan tidak menggunakan iPhone selama dicharge
  • Jika sudah 100% biarkan tetap dicharge hingga 2 jam ke depan
  • Setelah 2 jam silakan cabut iPhone dan silakan digunakan hingga baterainya benar-benar habis atau sampai iPhone mati sendiri
  • Terakhir silakan charge iPhone hingga 100% kembali dan pastikan untuk tidak menggunakan iPhone selama proses charge berlangsung


Setelah proses di atas selesai, silakan cek kembali hasilnya.

3. Update ke iOS versi Terbaru

Apabila belum berhasil juga, pastikan iPhone kalian telah menggunakan iOS versi terbaru yang tersedia saat ini.

Untuk cek dan menginstall update iOS terbaru silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Download update iOS terbaru membutuhkan jaringan WiFi atau 5G serta baterai minimal 50% (sambungkan ke pengisian daya).

4. Reset Pengaturan iPhone

Selanjutnya pertimbangkan untuk me-reset atau mengembalikan pengaturan iPhone ke pengaturan default/pabrik.

Namun tidak perlu khawatir, cara ini tidak akan menghapus data-data pribadi seperti file-file, foto, kontak, maupun aplikasi yang sudah terinstall sebelumnya.

Caranya buka aplikasi Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.


Setelah itu silakan atur dan gunakan iPhone seperti biasa selama beberapa saat dan lihat kembali hasilnya.

Pertanda Kerusakan Baterai

Cara-cara di atas tidak ada yang membuahkan hasil? ada kemungkinan besar bahwa komponen baterai di iPhone kalian telah menunjukkan gejala kerusakan. Sebab masalah seperti ini sebenarnya seringkali memang disebabkan oleh kerusakan baterai.

Untuk memastikan hal ini kalian bisa coba cek menu "Kesehatan Baterai" atau "Battery Health" iPhone melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

Apabila menu Kesehatan Baterai telah menampilkan pesan "Servis" serta tampil "Pesan Baterai Penting: Kesehatan baterai Anda berkurang drastis. Penyedia layanan resmi Apple dapat mengganti baterai untuk memulihkan kinerja dan kapasitas penuh.".


Maka baterai di iPhone kalian sudah mengalami kerusakan dan perlu untuk segera diganti ke yang baru. Terutama apabila menu "Kapasitas Maksimum" sudah menunjukkan juga di bawah angka 80%.

Solusi Terakhir...

Disarankan untuk membawa iPhone kalian ke authorized service center Apple di Indonesia atau layanan terpercaya lainnya, apabila masalah belum juga teratasi. Tujuannya agar dapat dilakukan pengecekan atau penggantian baterai sesuai dengan kerusakan yang ditemukan pada iPhone.

Namun, dari pengalaman pribadi Admin naik-turunnya baterai secara tiba-tiba memang disebabkan oleh gejala kerusakan komponen baterai. Khususnya apabila kesehatan baterai sudah berkurang drastis (di bawah 80%), serta muncul gejala baterai boros, iPhone jadi sering ngelag, sulit dicharge, dan lain sebagainya.

Pengecekan lebih lanjut ke layanan perbaikan akan menjawab dengan pasti kerusakannya.