Cara Melihat Aplikasi yang Disembunyikan di iPhone

Ingin melihat, menampilkan, atau memunculkan kembali aplikasi yang disembunyikan di iPhone atau iPad? jika begitu pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-caranya.


Saat ini terdapat 3 cara yang umumnya dipakai untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone. Pertama melalui fitur "Durasi Layar" atau "Screen Time", kedua dengan cara menyembunyikan halaman home screen, dan yang ketiga dengan cara menghapus icon aplikasi di Home Screen.

Nah, untuk menampilkan aplikasi yang disembunyikan melalui cara-cara di atas, langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut ini.

Cek Durasi Layar/Screen Time

Melalui menu Durasi Layar atau Screen Time pengguna iPhone dapat menyembunyikan aplikasi bawaan iPhone, serta aplikasi yang didownload sendiri namun dikategorikan berdasarkan aplikasi dengan rating umur tertentu.

Cara ini sebenarnya digunakan untuk membatasi penggunaan aplikasi tertentu pada anak. Namun begitu, cara ini juga sering digunakan untuk menyembunyikan aplikasi tertentu agar tidak diketahui pengguna lainnya.

Nah, untuk menampilkan aplikasi yang disembunyikan melalui cara ini, pengguna cukup menonaktifkan fitur Durasi Layar/Screen Time tersebut.

Berikut cara-caranya:

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone kemudian masuk ke menu Durasi Layar/Screen Time


2. Selanjutnya pilih lagi menu Pembatasan Konten & Privasi


3. Terakhir silakan matikan menu "Pembatasan Konten & Privasi" tersebut dan masukkan passwordnya apabila terkunci


Dengan menonaktifkan fitur Durasi Layar/Screen Time seluruh aplikasi yang disembunyikan melalui cara ini secara otomatis akan muncul kembali.


Cek Halaman dan Aplikasi yang Disembunyikan dari Home Screen

Sejak iOS/iPadOS 15 pengguna iPhone maupun iPad dapat menyembunyikan halaman home screen serta aplikasi yang ada di dalamnya.

Nah, cara ini sering dipakai untuk menyembunyikan aplikasi walaupun terkesan sia-sia. Mengapa? karena aplikasi tetap akan muncul di "App Library" dan di menu Pencarian.

Namun, bagi yang penasaran saja kira-kira adakah aplikasi yang disembunyikan menggunakan cara ini, langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk mengetahuinya.

1. Silakan tap dan tahan di sembarang area kosong pada Home Screen iPhone hingga seluruh icon aplikasi bergoyang

2. Jika sudah silakan tap titik icon navigasi halaman seperti yang ditampilkan oleh gambar di bawah berikut


3. Selanjutnya pastikan seluruh halaman yang ada sudah dicentang


4. Jika ada halaman yang tidak dicentang berarti halaman tersebut dalam status disembunyikan sebelumnya


Cek di App Library/Perpustakaan App

App Library atau Perpustkaan App adalah halaman di mana seluruh aplikasi di iPhone berada. Dengan adanya fitur ini pengguna iPhone dapat menghapus icon aplikasi yang ada di Home Screen sehingga nantinya hanya tampil di App Library saja.

Pada dasarnya seluruh aplikasi yang ada di iPhone akan muncul di menu App Library ini, tak terkecuali jika disembunyikan melalui cara pertama di atas, yakni Durasi Layar/Screen Time.

Nah, untuk menemukan aplikasi yang tidak kalian temukan di Home Screen, kalian hanya perlu mencarinya di App Library.

Bagaimana caranya?

1. Silakan usap home scren iPhone hingga ke halaman paling kanan

2. Jika sudah tap pada menu App Library/Perpustakaan App


3. Sekarang silakan cari aplikasi yang kalian inginkan, sebab seluruh aplikasi yang ada pada iPhone akan tampil di halaman tersebut


Aplikasi atau game diurutkan berdasarkan abjad.

Penutup...

Ya, itu saja cara-cara menampilkan aplikasi yang disembunyikan di iPhone maupun iPad yang dapat Admin bagikan.

Pada dasarnya memang saat ini belum ada fitur yang benar-benar berfungsi untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone. Tak terkecuali jika pengguna iPhone tersebut sudah di-jailbreak dan menginstall tweak tertentu.

Jadi, untuk melihat apakah ada aplikasi di iPhone yang disembunyikan dapat dengan mudah diketahui melalui salah satu cara di atas.


Sebagai penutup apabila ada yang ingin kalian tanyakan, sampaikan, atau mungkin mau menambahkan trik rahasia lainnya? langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih :)