Kepala Charger iPhone Panas Apakah Normal?

Ketika sedang nge-charge iPhone kalian akan mendapati bahwa seiring waktu adaptor atau kepala charger iPhone akan terasa panas saat disentuh.

Lalu apakah hal tersebut normal atau ada yang salah dengan kepala chargernya?

Berikut informasi selengkapnya.

Kepala Charger iPhone Panas Apakah Normal?


Ya, adaptor atau kepala charger yang menjadi panas ketika sedang mengisi daya iPhone adalah hal yang sangat normal dan wajar.

Dalam kasus tertentu kalian juga bisa menggunakan panas atau tidaknya kepala charger sebagai indikator apakah charger sedang berfungsi mengisi daya atau tidak.

Mengapa Kepala Charger iPhone Bisa Menjadi Panas?


Sebab adaptor atau kepala charger akan bekerja keras mengubah arus tegangan listrik yang ada di rumah kalian, menyesuaikan dengan arus tegangan yang nantinya akan dialirkan ke iPhone.

Hasil dari proses tersebut akan menghasilkan panas pada rangkaian elektronik yang ada pada charger, sehingga ketika disentuh charger akan terasa panas.

Di sisi lain adaptor atau kepala "Fast Charger" mungkin akan menghasilkan panas yang lebih tinggi dibandingkan charger standar karena arus dayanya yang besar.

Apakah Normal iPhone Menghangat Ketika Dicharge?


Ya, iPhone yang menghangat ketika dicharge merupakan hal yang sangat normal. Sebab komponen baterai pada iPhone sendiri juga akan bekerja keras untuk menampung arus daya yang masuk.

Namun perlu diperhatikan bahwa panas yang dihasilkan iPhone tidaklah sepanas yang dihasilkan oleh adaptor atau kepala chargernya.

Jika iPhone menjadi lebih dari sekedar hangat, yakni menjadi agak panas, hal berikut mungkin dapat menjadi penyebabnya:

  • Menggunakan adaptor Fast Charger atau Wireless Charger
  • Suhu sekitar yang panas
  • Sambil memainkan iPhone saat sedang dicharge
  • iPhone sedang bekerja melakukan aktivitas latar belakang seperti update otomatis
  • Kualitas adaptor charger yang sangat buruk
  • Kualitas sinyal seluler yang buruk sehingga membuat iPhone bekerja lebih keras untuk menstabilkannya

Agar tidak menjadi terlalu panas, disarankan untuk tidak menggunakan iPhone secara berlebihan ketika sedang dicharge atau menaruhnya di tempat yang teraliri udara segar (sejuk).

Penutup...

Kesimpulannya adaptor atau kepala charger iPhone yang menjadi panas ketika sedang bekerja mengisi daya adalah hal yang normal dan wajar. Jadi tidak perlu khawatir ya.

Yang perlu kalian khawatirkan yakni apabila adaptor atau kepala charger tersebut tiba-tiba mengeluarkan api atau asap alias terbakar. Namun begitu kasus seperti ini sangat langka dan biasanya hanya terjadi akibat penggunaan charger super abal-abal saja.