Cara Mengubah Foto ke JPEG di iPhone

Ingin mengubah format foto di iPhone atau iPad dari HEIF/HEIC ke JPEG? mudah sekali, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-caranya.

Di sini terdapat dua cara yang akan Admin bagikan. Yang pertama yakni untuk mengubah foto yang sudah ada ke format JPEG dan yang kedua untuk mengubah hasil foto kamera iPhone ke JPEG.

Cara Mengubah Foto ke JPEG di iPhone


Cara ini untuk mengubah foto yang sudah ada di galeri foto iPhone kalian, yakni dari format HEIF/HEIC ke format JPEG.

Perlu kalian ketahui juga bahwa cara yang akan Admin bagikan ini tidak memerlukan aplikasi tambahan. Sebab kita akan menggunakan trik melalui aplikasi bawaan iPhone saja.

Namun, bagi yang ingin menggunakan aplikasi kalian bisa mencoba "JPEG-PNG Image file converter" yang bisa didapatkan gratis di App Store.

Baik, tanpa banyak berbasa-basi lagi langsung saja ikuti cara/trik di bawah berikut untuk mengubah foto iPhone ke JPEG.

1. Buka galeri foto iPhone lalu pilih foto yang akan diubah ke JPEG.

2. Selanjutnya tap menu "Bagikan" lalu pilih Simpan ke File > Di iPhone Saya > Simpan.


3. Kemudian buka aplikasi "File" bawaan iPhone kemudian masuk ke menu Di iPhone Saya untuk menemukan foto yang tadi baru saja disimpan.


4. Jika sudah silakan buka foto tersebut lalu tap icon "Markah" seperti yang ditunjukkan gambar di bawah berikut:


5. Selanjutnya di sini kita akan berpura-pura mengedit foto tersebut, tujuannya agar saat disimpan formatnya berubah ke JPEG. Sederhananya silakan coret foto tersebut sekali saja, lalu tap icon "Undo" untuk mengembalikan foto ke bentuk semula.

Contohnya bisa dilihat melalui gambar di bawah berikut:


6. Setelah selesai langsung saja tap menu Selesai.

7. Secara otomatis foto akan disalin menjadi salinan baru. Nah, di salinan baru itulah format foto sudah berubah menjadi JPEG. Untuk memeriksanya silakan tap dan tahan Foto lalu pilih menu Dapatkan Info.


8. Untuk membagikan atau menyimpan foto yang sudah berubah ke JPEG tersebut, silakan tap dan tahan pada Foto lalu pilih menu Bagikan

Namun begitu cara ini memang agak cukup merepotkan untuk mengubah banyak foto sekaligus. Solusinya silakan gunakan aplikasi seperti JPEG-PNG Image file converter.

Di sisi lain bagi yang ingin hasil foto melalui kamera iPhone nantinya secara otomatis disimpan dalam bentuk JPEG, langsung saja ikuti cara-cara selanjutnya di bawah berikut ini.

Cara Mengubah Format Foto Kamera iPhone ke JPEG

Untuk mengubah format foto yang diambil melalui kamera iPhone ke JPEG, langsung saja ikuti cara-cara berikut ini.

1. Buka aplikasi Pengaturan

2. Kemudian masuk ke menu Kamera > Format

3. Lalu ubah ke menu "Paling Kompatibel"


Format HEIF/HEIC sendiri memberikan ukuran foto yang lebih kecil tanpa menghilangkan kualitasnya. Namun, kompatibilitasnya terbatas.

Sedangkan untuk format JPEG menghasilkan ukuran foto yang jauh lebih besar tetapi memberikan kompatibilitas untuk diakses di beragam perangkat lainnya dengan mudah.

Penutup...

Format HEIF/HEIC memang menawarkan ukuran kompres yang jauh lebih kecil dari JPEG. Meski begitu, format HEIF/HEIC terkadang tidak terbaca di perangkat lain di luar perangkat Apple. Maka dari itu mengubahnya ke JPEG adalah pilihan yang tepat karena dukungan kompatibilitasnya yang sangat luas.

Intinya, kalian dapat menyesuaikan seluruh format tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Baik, itu saja informasi cara mengubah foto ke JPEG di iPhone serta iPad yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.