Apakah Apple Watch Bisa untuk Android?

Berniat membeli Apple Watch tetapi tidak memiliki iPhone? berencana juga ingin digunakan atau dihubungkan ke smartphone Android namun masih ragu apakah Apple Watch bisa digunakan untuk Android?

Jika begitu, langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Apakah Apple Watch Bisa untuk Android?


Sayangnya Apple Watch tidak bisa digunakan sama sekali untuk Android. Meskipun menggunakan sambungan Bluetooth untuk terhubung, namun kalian tetap sama sekali tidak bisa menghubungkan Apple Watch ke Android.

Hal ini karena Apple sendiri yang membatasi bahwa Apple Watch hanya bisa terhubung ke iPhone saja.

Ya, mutlak hanya iPhone saja. Apple Watch sendiri bahkan tidak bisa dihubungkan ke iPod touch, iPad, atau Mac yang merupakan produk besutan Apple juga.

Mengaktifkan dan Mengatur Apple Watch Butuh iPhone


Karena tidak dapat terhubung ke perangkat lainnya, satu-satunya cara untuk mengaktifkan maupun mengatur Apple Watch yakni pengguna harus memiliki iPhone. Setidaknya disarankan iPhone 6S atau lebih baru lainnya.

Saat proses awal pengaturan atau aktivasi, Apple Watch akan meminta pengguna untuk membuka aplikasi "Watch" dan mengarahkan kamera iPhone ke arah layar Apple Watch. Setelah itu Apple Watch dan iPhone akan memulai proses penyambungan atau pairing.

Pada intinya, semua proses untuk mengaktifkan dan mengatur Apple Watch hanya dapat dilakukan melalui iPhone saja. Tidak ada satupun aplikasi di Android atau di perangkat lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk mengaktifkan ataupun mengatur Apple Watch selain aplikasi "Watch" yang terdapat di iPhone.

Apakah Apple Watch dapat Digunakan Tanpa iPhone Setelah Diaktifkan?


Bisa saja, namun fungsinya akan sangat-sangat terbatas dan perlu kalian ketahui bahwa Apple Watch sendiri sangat terikat dan bergantung pada iPhone untuk banyak hal. Contohnya seperti mengatur tampilan, pemberitahuan, download aplikasi, dll.

Selengkapnya sudah pernah Admin bahas di sini: Apakah Apple Watch Bisa Dipakai Tanpa iPhone?

Penutup...

Kesimpulannya, kalian tidak bisa menggunakan ataupun menghubungkan Apple Watch ke Android maupun perangkat lainnya. iPhone adalah satu-satunya perangkat yang dapat menggunakan dan terhubung ke Apple Watch.

Jadi bagi pengguna smartphone Android, kalian bisa mencari alternatif Smartwatch lainnya yang kompatibel dengan smartphone Android seperti Samsung Galaxy Watch, Xiaomi Mi Band, Oppo Watch Series, dan lain sebagainya.