Cara Mengatasi ID Apple ini belum pernah digunakan di iTunes Store

Khususnya bagi pengguna yang baru saja menggunakan iPhone, iPad, hingga Mac atau baru saja login dengan ID Apple baru, pasti kalian akan menemukan pesan berikut saat akan men-download aplikasi di App Store.

"ID Apple ini belum pernah digunakan di iTunes Store. - Ketuk Tinjau untuk melakukan proses masuk, lalu tinjau informasi akun Anda."

atau

"This Apple ID has not yet been used with the App Store. - Tap Review to sign in, then review your account information."


Lalu, apa sih arti pesan tersebut dan bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi ID Apple ini belum pernah digunakan di iTunes Store

Munculnya pesan ID Apple ini belum pernah digunakan di iTunes Store menandakan bahwa ID Apple yang kalian gunakan tersebut masih tergolong baru, karena belum pernah digunakan sama sekali sebelumnya untuk men-download aplikasi atau konten apapun.

Nah, untuk mengatasinya kalian hanya perlu sekali saja memasukkan informasi yang dibutuhkan agar dapat melanjutkan download konten yang diinginkan.

Caranya sangatlah mudah, kalau begitu langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah berikut ini.

1. Saat pesan tersebut muncul tap saja pada menu "Tinjau"


2. Selanjutnya silakan aktifkan menu "Menyetujui Syarat dan Ketentuan" lalu tap "Berikutnya"


3. Jika sudah silakan isi data-data yang diperlukan, apabila tidak mau menambahkan metode pembayaran pilih saja "Tidak Ada". Kemudian lanjutkan dengan mengisi data-data lainnya termasuk nomor telepon. Setelah selesai tap menu "Berikutnya" yang ada di pojok kanan atas layar


4. Langkah terakhir silakan pilih menu "Lanjutkan"


5. Selesai deh, sekarang kalian bisa menggunakan ID Apple tersebut untuk download aplikasi, membeli item di iTunes Store, dan lain sebagainya.

Bagaimana gampang, kan? untuk selanjutnya tentu saja kalian tidak perlu lagi mengisi data-data di atas setiap kali akan men-download konten apapun. Meski begitu, kalian tetap dapat mengubah informasi di atas melalui pengaturan ID Apple, apabila ingin menambahkan metode pembayaran tertentu atau memang ada informasi yang mau diubah.

Selain itu kalian juga akan mendapati bahwa untuk men-download aplikasi, kini kalian hanya perlu mengkonfirmasinya melalui Face ID atau Touch ID tanpa harus memasukkan password secara manual lagi.

Penutup...

Di sisi lain banyak juga pengguna yang bertanya, apakah ID Apple harus punya kartu kredit? jawabannya tentu tidak ya. Seperti tutorial pada langkah ke 3 di atas kalian memiliki opsi untuk tidak menambahkan metode pembayaran apapun.

Oke, itu saja informasi cara mengatasi "ID Apple ini belum pernah digunakan di iTunes Store" atau "This Apple ID has not yet been used with the App Store." yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melaui kolom komentar di bawah.