Cara Cek Detak Jantung di iPhone

Tahukah kalian bahwa iPhone bisa dimanfaatkan untuk cek detak jantung? ya, tanpa memerlukan alat khusus atau jam tangan pintar seperti Apple Watch, kalian bisa memanfaatkan iPhone untuk mengukur detak jantung.


Namun, perlu kalian ketahui bahwa fitur ini bukan merupakan fitur bawaan dari iPhone atau iOS. Melainkan di sini kita akan menggunakan bantuan dari aplikasi yang didapatkan melalui App Store.

Salah satu aplikasi yang Admin gunakan adalah "Instant Heart Rate: HR Monitor" yang tentu saja bisa kalian dapatkan secara gratis.

Oke, kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara mendeteksi detak jantung di iPhone berikut ini.

Cara Cek Detak Jantung di iPhone

1. Silakan download aplikasi untuk mendeteksi detak jantung di App Store. Salah satu yang Admin gunakan yakni: Instant Heart Rate: HR Monitor

2. Jika sudah buka aplikasi tersebut lalu masuk pada menu measure untuk melakukan pengukuran

3. Setelah itu flash iPhone secara otomatis akan menyala, silakan letakkan jari telunjuk kalian pada kamera iPhone untuk mulai melakukan pengukuran


3. Jika berhasil akan muncul hasil dari pengukuran detak jantung kalian.

Apakah Pendeteksian Detak Jantung di iPhone Akurat?

Dalam keterangannya aplikasi tersebut menjelaskan cara kerja pendeteksian. Yakni, dengan cara mendeteksi perubahan warna di jari setiap kali jantung berdetak, serta menggunakan algoritme canggih untuk menampilkan hasil pendeteksian detak jantung.

Lalu, apakah metode tersebut akurat?

Dari perbandingan yang Admin lakukan dengan Apple Watch, hasilnya bisa dibilang cukup akurat atau kadang hanya berbeda 1 atau 2 angka lebih tinggi maupun rendah.

hasil pengujian detak jantung di iPhone

hasil pengujian detak jantung di Apple Watch Series 7

Meski begitu, tidak disarankan untuk menjadikan metode di atas 100% untuk memantau detak jantung apalagi untuk kesehatan ya.

Di sisi lain disarankan untuk melakukan pengecekan hingga 2 kali untuk membandingkan apakah hasilnya konsisten (dalam arti tidak berubah terlalu jauh) atau tidak.

Alat khusus seperti Oxymeter sangat direkomendasikan untuk mendeteksi detak jantung sekaligus oksigen dalam darah.

Penutup...

Nah, bagaimana menurut kalian?

Salah satu kekurangan yang Admin temukan dari cara-cara di atas adalah pendeteksian yang tergolong sulit. Dalam arti terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat membaca detak jantung.

Nsmun, jika hanya digunakan sekedar untuk mengetahui detak jantung sewaktu atau karena penasaran. Cara di atas sudah cukup membantu.