Jika IMEI Diblokir Apakah Bisa Menggunakan WiFi?

Perangkat seluler atau smartphone bernilai tinggi seperti iPhone, Samsung, Xiaomi, OnePlus, dan lain sebagainya yang dibawa dari luar negeri. Harus membayarkan pajaknya terlebih dahulu agar IMEI-nya tidak terblokir.

Jika tidak, maka perangkat yang IMEI-nya terblokir tidak akan bisa menggunakan jaringan seluler yang ada di Indonesia.

Namun, jika IMEI smartphone diblokir, apakah masih bisa menggunakan jaringan dari WiFi?

Jika IMEI Diblokir Apakah Bisa Menggunakan WiFi?


Perlu kalian ketahui bahwa pemblokiran IMEI pada smartphone hanya berdampak pada jaringan seluler saja.

Dalam arti, smartphone yang IMEI-nya terblokir tidak akan bisa terhubung ke jaringan dari penyedia layanan seluler yang ada di Indonesia.

Jadi, apabila IMEI diblokir, smartphone tersebut tentu saja masih bisa menggunakan jaringan dari WIFi.

Meski begitu, menggunakan internet dari WiFi saja berarti kalian tidak bisa menggunakan smartphone tersebut jauh dari sumber WiFi. Hal ini tentu cukup merugikan terutama bagi pengguna smartphone.

Cara Cek IMEI Diblokir atau Tidak


Bagi yang ingin mengetahui apakah IMEI smartphone kalian sudah terdaftar atau belum silakan cek melalui website berikut: https://imei.kemenperin.go.id/

Silakan masukkan nomor IMEI perangkat yang akan diperiksa dalam website tersebut.

Sebagai informasi saja, smartphone yang sudah ada di Indonesia sejak peraturan IMEI diberlakukan pada tahun 2020 yang lalu. IMEI-nya kemungkinan besar tidak akan terdaftar dalam situs Kemenperin.

Namun, tidak perlu khawatir sebab smartphone yang sudah ada di Indonesia sejak peraturan tersebut berlaku, IMEI-nya tidak akan diblokir.

Hanya smartphone yang baru masuk ke Indonesia sejak peraturan IMEI ditetapkanlah yang IMEI-nya harus didaftarkan agar tidak terblokir.

Cara Membuka Blokir IMEI


Untuk membuka IMEI smartphone yang diblokir, kalian bisa melakukannya secara online melalui "Official Website Direktorat Jenderal Bea & Cukai" dan aplikasi "Mobile Beacukai", atau langsung datang ke kantornya.

Penutup...

Nah, bagaimana sudah tau kan apakah IMEI yang diblokir masih bisa menggunakan jaringan dari WiFi atau tidak? jawabannya bisa ya!

Apabila smartphone kalian adalah salah satu yang mungkin IMEI-nya terblokir dan ingin dibiarkan menggunakan WiFi saja. Kalian mungkin memerlukan MiFi atau perangkat WiFi portable yang bisa dibawa kemana-mana.

Oke, itu saja informasi seputar apakah jika IMEI diblokir masih bisa pakai WiFi atau tidak. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!