Kenapa IMEI iPhone Bisa Terblokir Serta Solusi Mengatasinya

IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor unik yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah perangkat seluler. Semua perangkat seluler, pasti punya IMEI lho ya.

Nah, saat ini sedang marak kabar pemblokiran IMEI, khususnya untuk iPhone.

Lalu, kenapa ya IMEI iPhone kok bisa terblokir? dan gimana sih solusi untuk mengatasi IMEI iPhone yang diblokir tersebut supaya tidak terblokir lagi?

Berikut informasinya untuk kalian.

Kenapa IMEI iPhone Bisa Terblokir?


Sebenarnya ada dua penyebab utama kenapa IMEI iPhone bisa terblokir atau diblokir.

1. Karena Belum Bayar Pajak

Ya, umumnya IMEI iPhone terblokir akibat belum bayar pajak saat masuk ke Indonesia.

Singkatnya begini. Saat kalian membeli iPhone dari luar negeri dan dibawa masuk ke Indonesia, maka kalian harus membayarkan pajak atau mendaftarkan IMEI iPhone tersebut terlebih dahulu.

Jika tidak, maka IMEI iPhone akan terblokir atau di-blacklist.

2. Karena Barang Curian

iPhone yang hilang atau dicuri bisa dilaporkan ke pihak yang berwajib untuk nantinya dilakukan pemblokiran IMEI.

Walau jarang terjadi, namun skenario seperti ini tidak menutup kemungkinan merupakan penyebab IMEI iPhone terblokir.

Apa Akibat IMEI iPhone yang Terblokir?


Apabila IMEI terblokir karena belum bayar pajak, iPhone tidak akan dapat terhubung ke jaringan seluler dari operator jaringan seluler yang ada di Indonesia.

Sedangkan, apabila IMEI iPhone terblkir akibat dilaporkan (dicuri atau hilang), maka iPhone tersebut tidak akan dapat menggunakan jaringan seluler bukan hanya di Indonesia saja, melainkan di hampir seluruh dunia. Di sisi lain, tidak menutup kemungkinan keberadaan iPhone tersebut dapat dilacak oleh pihak yang berwajib.

Bagaimana Solusi Mengatasi IMEI iPhone yang Terblokir/Diblokir?


Karena rata-rata IMEI iPhone yang terblokir karena belum bayar pajak (IMEI-nya belum terdaftar di Kemenperin), kalian bisa melakukan pendaftaran melalui "Official Direktorat Jenderal Bea dan Cukai" atau melalui aplikasi "Mobile Beacukai".

Penutup...

Bagaimana, sudah tau kan kenapa IMEI iPhone bisa terblokir?

Ya, rata-rata karena belum bayar pajak saat iPhone tersebut masuk ke Indonesia ya. Sisanya, kemungkinan yang sangat kecil adalah karena barang hasil curian.