Daya Tahan Baterai Apple Watch Series 1, 2, 3, 4, 5, 6, SE, 7

Seiring perkembangan teknologi dan hadirnya fitur-fitur baru pada Apple Watch, baterai adalah faktor yang penting diperhatikan.

Apple Watch sendiri memiliki beragam sensor yang akan selalu bekerja setiap saat, contohnya seperti mengirimkan notifikasi dari iPhone, mendeteksi aktivitas langkah kaki, oksigen, detak jantung, dan lain sebagainya.

Hal tersebut menyebabkan Apple Watch perlu diisi daya setiap saat agar tetap menyala dan berfungsi.

Namun, berapa lamakah daya tahan baterai pada Apple Watch?

Daya Tahan Baterai Apple Watch Series 1, 2, 3, 4, 5, 6, SE, 7


  • Apple Watch Series 7 memiliki daya tahan baterai selama 18 jam.
  • Apple Watch Series SE memiliki daya tahan baterai selama 18 jam.
  • Apple Watch Series 6 memiliki daya tahan baterai selama 18 jam.
  • Apple Watch Series 5 memiliki daya tahan baterai selama 18 jam.
  • Apple Watch Series 4 memiliki daya tahan baterai selama 18 jam.
  • Apple Watch Series 3 memiliki daya tahan baterai selama 18 jam.
  • Apple Watch Series 2 memiliki daya tahan baterai selama 18 jam.
  • Apple Watch Series 1 memiliki daya tahan baterai selama 18 jam.

Saat ini berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh Apple. Seluruh Apple Watch Series 1 hingga 7 serta Apple Watch SE memiliki daya tahan baterai yang sama, yakni selama sekitar 18 jam.

Meskipun sekilas tidak terdapat perbedaan sejak Apple Watch Series 1 hingga yang Series 7. Namun, sebenarnya daya tahan baterai Apple Watch meningkat seiring waktu.

Mengapa? sebab Apple berhasil mempertahankan daya tahan baterai Apple Watch Series 7 yang memiliki lebih banyak sensor dan fitur dibandingkan dengan pendahulunya.

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Charge Apple Watch?


Pengisian daya Apple Watch Series 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan SE membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Sedangkan Apple Watch Series 7 yang sudah mendukung Fast Charging, dapat mengisi daya dari 0 hingga 80% dalam waktu sekitar 45 menit saja.

Untuk satu kali pengisian daya Apple Watch dapat menunjang penggunaan selama seharian penuh sampai perlu dicharge kembali.

Dalam praktik terbaiknya, kalian hanya perlu mengisi daya Apple Watch di setiap malam hari dan Apple Watch siap digunakan kembali di pagi hari.

Menghemat Baterai Apple Watch


Untuk menghemat baterai Apple Watch, kalian bisa menonaktifkan fitur-fitur seperti "Selalu Nyala", "Bangun saat Tangan Diangkat", "Segarkan App di Latar", atau "Dengarkan 'Hey Siri'".

Kalian juga dapat mengaktifkan mode "Cadangan Daya" atau "Power Reserve" yang akan membatasi Apple Watch untuk sekedar melihat waktu saja. Mode ini secara signifikan akan menghemat penggunaan daya baterai Apple Watch.