Daftar iPhone yang Tidak Bisa Update ke iOS 16

Apple baru saja memperkenalkan iOS 16 bagi pengguna iPhone dan iPadOS 16 bagi pengguna iPad yang membawa sejumlah perubahan, perbaikan, serta fitur-fitur menarik.

Namun sayangnya, terdapat 5 model iPhone yang tidak bisa update ke iOS 16 lagi. Lalu, 5 iPhone apa sajakah yang tidak mendapatkan update iOS 16 tersebut?

Daftar iPhone yang Tidak Bisa Update ke iOS 16


Berikut daftar iPhone yang tidak dapat update iOS 16:

  • iPhone 7 Plus
  • iPhone 7
  • iPhone SE Gen-1 (2016)
  • iPhone 6S Plus
  • iPhone 6S

Tahun lalu iPhone dalam daftar di atas seluruhnya masih mendapatkan update iOS 15. Sayangnya, saat ini kelima iPhone tersebut tidak lagi mendapatkan update iOS 16 sehingga akan tetap bertahan di iOS 15 untuk selamanya.

Mengapa iPhone 6S, 6S Plus, SE 2016, 7, 7 Plus Tidak Dapat Update iOS 16?


Apple belum memberikan penjelasan mengapa iPhone 6S, 6S Plus, SE 2016, 7 dan 7 Plus tidak mendapatkan update iOS 16.

Namun, mengingat iOS 16 membawa sejumlah fitur yang membutuhkan kinerja dan performa perangkat yang tinggi, sepertinya cukup wajar jika kelima iPhone tersebut tidak lagi mendapatkan update iOS 16.

Saat iOS 16 dirilis, iPhone 6S, 6S Plus, dan SE Gen-1 sudah berusia 6 tahun, sedangkan iPhone 7 dan 7 Plus sudah berusia 5 tahun.

iPhone 6S, 6S Plus, dan SE Gen-1 ditenagai oleh chip yang sama, yakni "Apple A9" sehingga ketiganya memiliki performa yang juga bisa dibilang sama. Sedangkan iPhone 7 dan 7 Plus ditenagai oleh chip "Apple A10" yang lebih cepat dari ketiga model sebelumnya.

Di sisi lain banyak pengguna yang kecewa bahwa iPhone 7 dan iPhone 7 Plus mereka tidak lagi mendapatkan update iOS 16. Sebab performa "Apple A10" pada iPhone 7 dan 7 Plus masih dikatakan cukup mumpuni.

Namun kenyataannya, Apple telah mempertimbangkan bahwa iPhone 7 dan 7 Plus memang tidak layak menjalankan iOS 16 sehingga harus rela tertinggal di iOS 15.

Penutup...

Nah, bagaimana menurut kalian?

Apple memang secara rutin menghentikan dukungan update iOS generasi terbaru pada iPhone yang sudah berusia lebih dari 4 atau 5 tahun sejak dirilis. Salah satu alasan utamanya yakni karena keterbatasan performa yang tidak lagi mumpuni.

Meski begitu, Apple tidak langsung meninggalkan kelima iPhone tersebut begitu saja. Sebab belajar dari iPhone-iPhone sebelumnya yang tidak lagi mendapatkan generasi iOS versi terbaru, sepertinya kelima iPhone di atas akan tetap mendapatkan update kecil di iOS 15 yang membawa sejumlah perbaikan keamanan dan stabilitas.

Jadi, bagi pengguna yang ingin merasakan update iOS 16, harus setidaknya memilih atau memiliki iPhone 8, 8 Plus, dan X atau lebih baru.